5  Jenis Tumbuhan Langka di Indonesia yang Istimewa Namun Susah Dijumpai
Anggrek Hitam , salah satu jenis tanaman langka di Indonesia (Johandersonphoto-unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Jika Anda hobi mengoleksi tanaman hias tentu tak asing dengan berbagai macam tumbuhan. Indonesia sendiri punya beragam jenis tumbuhan langka sekaligus unik. Beberapa jenis tumbuhan langka di Indonesia memang dilindungi. Namun, ada pula yang masih bisa ditanam bebas.

Jenis tumbuhan langka di Indonesia tidak hanya satu, setidaknya ada lima yang sampai saat ini sulit untuk dijumpai. Berikut VOI akan merangkumkannya untuk Anda.

Kantong Semar

Dulu, eksistensi tumbuhan kantong semar tidak sesulit sekarang. Saat ini kantong semar hanya hidup di hutan langka. Kantong semar memiliki keunikan dari sisi keaktifannya memakan serangga lewat ujung kantong bunganya. Tumbuhan langka ini punya banyak jenis. Di Indonesia sendiri, sudah ada 103 jenis kantong semar yang terklasifikasi.

Rafflesia Arnoldi

Bunga Raflesia arnoldi mungkin bukan lagi jadi hal baru bagi Anda. Tumbuhan yang disebut sebagai bunga Padma raksasa ini statusnya sudah terancam punah hingga bersifat dilindungi. Anda bisa melihat rafflesia arnoldi di beberapa kebun raya, seperti di Kebun Raya Bogor.

Tumbuhan langka ini sangat terkenal karena ukuranya besar. Bunganya sendiri bisa berdiameter lebih dari satu meter dengan berat lebih dari 10 kilogram. Ciri khas utama dari tumbuhan langka ini adalah bunganya berwarna merah dengan bintik putih serta mengeluarkan bau busuk menyengat.

Bunga Bangkai

Amorphophallus titanum sering disebut sebagai sahabat eratnya Rafflesia arnoldi karena sama-sama mengeluarkan bau busuk menyengat. Namun, sebenarnya tumbuhan langka ini memiliki bentuk yang jauh berbeda dengan Padma raksasa.

Bunga bangkai memiliki bentuk bunga yang menjulang ke atas. Tingginya bahkan dapat mencapai empat meter. Bunga bangkai sendiri berasal dari kawasan Sumatera, tapi kini banyak dikembangkan di berbagai taman hutan raya nusantara.

Cendana

Kayu cendana sangat terkenal dijadikan kerajinan tangan. Kayu ini memiliki ciri khas aroma wangi yang sedap sehingga kerap dijadikan parfum atau wewangian.

Ciri-ciri dari tanaman ini, antara lain batang pohon bulat dan memiliki kulit berwarna cokelat. Sementara itu, daunnya berbentuk elips dengan ujung lancip. Cendana bisa berbunga dan menghasilkan bunga dengan empat sampai lima kelopak.

Anggrek Hitam

Anggrek hitam dikategorikan sebagai salah satu tumbuhan langka. Sebenarnya, Anda bisa menanam tanaman satu ini di rumah, namun bersiaplah merogoh kocek untuk membeli bibitnya.

Seperti namanya, tumbuhan langka ini memiliki warna bunga kehitaman di area kelopak nya. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Coelogyne Pandurata ini tersebar di kawasan Kalimantan Timur. Selain kelopak bunga yang berwarna hitam, ciri lain dari tumbuhan langka ini adalah mahkota bunganya yang lancip dan bentuk daun memanjang berwarna hijau.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sulit Ditemukan, Ini 5 Jenis Tumbuhan Langka di Indonesia

Selain terkait jenis tumbuhan langka di Indonesia , dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.