5 Cara Mengatasi Selulit Secara Alami Sekaligus Mudah untuk Dilakukan
Ilustrasi cara mengatasi selulit secara alami (Freepik/Master1305)

Bagikan:

SURABAYA - Banyak orang menganggap bahwa selulit adalah gangguan. Padahal, selulit adalah tumpukan lemak pada lapisan serat kolagen atau jaringan ikat. Kebiasaan yang tak sehat membuat jaringan ikat bisa dilemahkan oleh tumpukan lemak sehingga banyak terlihat gurat putih tak beraturan yang kita kenal dengan selulit. Lalu, bagaimana cara mengatasi selulit secara alami?

Mengenal Selulit

Perlu diketahui bahwa penyebab lain dari selulit adalah perubahan hormon. Hal ini yang sering dijumpai pada perempuan karena perubahan hormon tiap bulannya saat menstruasi.

Selulit bisa terlihat di bawah kulit dan bisa terlihat di titik tertentu yang mana selulit terlihat seperti di area pantat, paha, lengan, perut, dan bagian bawah punggung.

Cara Mengatasi Selulit Secara Alami

Di samping kebiasaan enggak sehat dan menurunnya hormon estrogen, dilansir Time, Senin, 3 Januari, faktor genetik juga memengaruhi selulit. Maka, tak perlu khawatir hingga memengaruhi rasa percaya diri Anda. Selanjutnya, Anda bisa mengatasi dengan cara alami atau tanpa menggunakan krim seperti berikut di bawah ini.

1. Pola makan harus diatur

selain jadi salah satu cara merawat kulit, makanan sehat juga membantu kemunculan selulit. Makanan tersebut antara lain brokoli, teh hijau, jeruk, dan asparagus. Semua makanan tersebut bersigat anti selulit, selain Anda perlu mengimbangi dengan pola makan yang sehat serta pilih makanan segar alih-alih makanan olahan.

Pada dasarnya, diet bukan bertujuan untuk kesehatan tetapi juga mendukung kulit mulus Anda. Jalani diet dengan banyak konsumsi makanan berwarna-warni seperti sayuran hijau, ikan, alukat, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

2. Minum air putih cukup

Tubuh yang cukup terhidrasi bisa membantu mengeluarkan racun, mendorong sirkulasi yang baik, menjaga sistem limfatik, dan membantu kulit tetap segar.

3. Pijat dengan alat bergerigi tumpul

Cara ini dikenal dengan dry body brushing atau menyikat tubuh dalam kondisi kering. Atau bisa dengan memijat bagian tubuh dengan alat pijat bergerigi tumpul yang bermanfaat membantu meningkatkan sirkulasi dan drainase limfatik. Melakukan cara ini bisa megurangi peradangan dan memperkuat jaringan ikat dan mengatasi selulit.

Saran dokter kulit dilansir The Body Clinic UK, body brushing bisa dilakukan 2-3 kali seminggu menggunakan sikat kering dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 5 menit.

4. Usahakan tubuh aktif bergerak

Kebiasaan buruk yang duduk terus seharian tanpa bergerak aktif membuat tak hanya kesehatan menurun tetapi juga penumpukan lemak pada jaringan ikat bertambah. Anda tak harus setiap hari melakukan gym, tetapi cobalah berjalan 10.000 langkah setiap harinya.

Berjalan dari meja kerja ke toilet, ke balkon cari hawa segar ataupun dari tempat kerja menuju parkiran dan rute lainnya, bisa mengurangi keluhan berkaitan dengan penyebab munculnya selulit pada kulit.

5. Manfaatkan lulur kopi

Kafein dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi muncunya selulit pada kaki dan bokong. Selain mengatasi selulit, lulur kopi bisa merangsang kulit supaya lebih kencang, meningkatkan aliran darah, dan menghidrasi. Wajar jika kopi kerap digunakan sebagai formula perawatan kulit.

Ditambah lagi, kopi kaya akan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi visibilitas selulit yang buruk.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tanpa Pakai Krim, Selulit Bisa Diatasi dengan 5 Cara Alami.

Selain terkait cara mengatasi selulit secara alami, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.