7 Buah Berprotein Tinggi yang Bisa Dikonsumsi Harian
Ilustrasi buah berprotein tinggi (Pexels/Polina Kovaleva)

Bagikan:

SURABAYA - Untuk menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi buah jadi salah satu syaratnya. Tidak hanya vitamin, protein dalam buah juga sangat penting. Untuk mencukup kebutuhan harian, Anda bisa mengonsumsi buah berprotein tinggi.

Kadungan protein pada buah memang paling rendah dibanding sumber lain. Namun, Anda bisa mengonsumsi secangkir buah yang mampu memenuhi 1-10 persen DV dari keseluruhan kebutuhan protein harian untuk menunjang kesehatan.

Melansir My Food Data, Senin, 9 Mei, beberapa buah yang mengandung protein tinggi adalah sebagai berikut.

1. Pisang

Makanan ini, pisang, juga baik untuk menu diet Anda. Pasalnya pisang yang dipotong memenuhi satu cangkir takaran mengandung 134 kalori. Ini berarti pisang bisa menggantikan kebutuhan kalori dari nasi. Pisang juga mengandung 3 persen DV atau 1,6 gram protein.

2. Aprikot

Untuk menemukan buah yang satu ini memang membutuhkan usaha lebih. Karena tidak setiap musim tersedia atau berbuah. Aprikot bisa jadi alternatif Anda untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Sebab dalam satu cangkir aprikot mengandung 2,2 gram protein yang memenuhi 4 persen DV.

3. Kiwi

Sebagai makanan penutup atau pilihan buah segar Anda, kiwi dalam satu cangkir mengandung 2,1 gram protein. Jumlah protein ini dapat memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 4 persen DV.

4. Jeruk

Tak banyak yang tahu bahwa jeruk, selain mengandung vitamin C, juga mengandung protein yang baik. Beberapa orang menyebut buah segar ini sebagai makanan super, karena bisa dikonsumsi harian dan mengandung berbagai vitamin baik untuk tubuh. Dalam setiap cangkir buah jeruk, Anda bisa memenuhi kebutuhan protein harian 3 persen DV atau 1,7 gram protein.

5. Melon

Melon merupakan buah yang baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet kalori. Karena dalam satu cangkir melon hanya mengandung 60 kalori saja. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan protein harian, dalam takaran yang sama, melon mengandung 3 persen DV atau 1,5 gram protein.

6. Jambu biji

Dalam setiap cangkir protein, jambu biji mengandung 8 persen DV protein. Sedangkan jika dibandingkan dengan jumlah jambu biji 200 kalori, buah ini bisa memenuhi 15 persen DV protein. Apabila Anda mengonsumsinya, maka rata-rata jambu biji dapat memenuhi 3 DV kebutuhan protein harian.

7. Alpukat

Buah yang bisa dimakan dengan berbagai cara ini, mengandung protein tinggi. Meski kandungannya di bawah jambu biji, dalam secangkir alpukat mengandung 3 gram protein atau 6 persen DV kebutuhan protein harian.

Tujuh macam buah di atas, bisa Anda jadikan menu harian. Jika Anda sedang diet, bisa mengkombinasikannya dengan mengonsumsi tiga atau empat buah dalam satu kali makan. Namun perhatikan takarannya ya, supaya hitungan kalori tetap memenuhi kriteria diet.