Menilik Keampuhan Terapi Pijat Kesuburan saat Program Hamil
Ilustrasi terapi pijat kesuburan (Yan Krukov/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Tak semua pasangan dikaruniai buah hati setelah pernikahan. Banyak yang harus berusaha keras agar mendapatkan kehamilan, salah satunya adalah dengan terapi pijat kesuburan.

Terapi tersebut dimaksudkan agar pasangan wanita bisa mendapatkan kehamilan lebih mudah. Namun, seberapa efektifkah terapi tersebut?

Efektifitas Terapi Pijat Kesuburan 

Patut dicatat bahwa mengikuti program hamil kadang jadi hal yang sulit, bahkan stres bisa muncul saat program hamil tak kunjung berhasil. Inilah sebabnya mengapa banyak wanita mencari metode alami seperti pijat kesuburan untuk meningkatkan kesuburan dan peluang hamil.

Terapi pijat kesuburan merupakan jenis pijat yang ditujukan untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan organ reproduksi. Ini adalah teknik alami dengan manfaat mencakup peningkatan kesehatan perut, kesehatan reproduksi, dan siklus menstruasi.

Bantu Kurangi Stres

Meski belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa pijat kesuburan secara langsung dapat meningkatkan kesuburan, tapi dengan melakukan pijat tentu dapat membantu mengurangi stres, yang mana sangat penting dihindari jika Anda sedang merencanakan program hamil. 

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa pijat dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh sambil meningkatkan kadar dopamin dan serotonin yang berkontribusi meningkatkan suasana hati dan rasa nyaman. 

Belum Ada Jawaban

Oleh karena itu, meski belum ada jawaban pasti apakah pijat kesuburan bisa mempercepat kehamilan, namun dengan menggabungkan pijat kesuburan dengan kebiasaan gaya hidup sehat lainnya dapat membantu meningkatkan peluang untuk hamil.