7 Pelajaran Hidup yang Setidaknya Akan Kamu Dapatkan Sesudah Kehilangan
Ilustrasi kehilangan yang membawa pada pelajaran hidup (iStockphoto)

Bagikan:

SURABAYA - Kehilangan adalah hal biasa yang terjadi dalam hidup. Meski kadang sangat menyakitkan, hal tersebut sering membawa kebaikan untuk diri sendiri, bahkan kesehatan mental kadang lebih baik. Bahkan, ada banyak pelajaran hidup yang akan didapat oleh seseorang setelah kehilangan.

Dokter dan penulis spesialis pengobatan holistik, dan integratif, Chris Gilbert, MD., Ph.D., menjelaskan bahwa ada pelajaran yang didapat dari momen setelah kehilangan, yakni sebagai berikut, dilansir Psychology Today.

1. Tak kehilangan diri sendiri

Meskipun kehilangan segalanya, seseorang justru bisa menemukan dirinya sendiri. Pada saat kehilangan, rasa sedih tak bisa dimungkiri. Tetapi pelajaran yang didapat ketika kehilangan, Anda bisa mengusahakan segalanya sehingga tak kehilangan diri sendiri.

2. Menghargai yang masih dimiliki

Ketika kehilangan, hidup terasa di ambang. Bahkan seperti sebuah ilusi ketika sesosok yang hilang tak ada di sisi. Tetapi situasi ini membuat seseorang menyadari bahwa hal penting di dunia adalah menghargai apa yang masih dimiliki.

Dengan orang-orang yang memberikan dukungan, mereka membatikan kekuatan, kebijaksanaan, dan lingkaran support system yang solid.

3. Sadar tak ada yang abadi

Einstein pernah menemukan secara saintifik bahwa energi tidak pernah mati tetapi berubah bentuk. Ini pula yang bisa dipelajari ketika kehilangan. Bahwa tak ada yang permanen, semuanya akan berubah pada waktu yang tidak direncanakan.

Artinya, rasa percaya diri dan kebahagiaan bukan pemberian tetapi kebiasaan. Kedua hal tersebut yang membuat seseorang tetap berdiri ketika kehilangan.

4. Tak ada realitas yang penting selain realitas batin

Belajar dari kehilangan, seseorang akan lebih menyadari bahwa realitas batin penting dalam menjalani proses kehidupan.

Bukan apa yang terjadi yang membuat sedih, tetapi bagaimana seseorang menafsirkannya sebagai roda kehidupan yang tidak bisa dikontrol sepenuhnya. Dengan begitu, realitas batin menjadi hal yang penting untuk dikelola.

5. Alih-alih berpikir negatif, kebaikan mengarah pada cinta yang bijak

Berpikir positif dan melakukan hal baik akan mengarahkan pada cinta yang bijak. Ketika kehilangan orang tercinta, seseorang akan lebih mencintai kehidupan dan mencintai orang yang dimiliki secara utuh.

6. Penerimaan adalah sebuah kekuatan

Penerimaan bukan sebuah kelemahan, tetapi kekuatan. Tulis Gilbert, kita tak dapat mengubah masa lalu dan kita harus menerima apa yang terjadi meskipun itu kesulitan yang tidak menyenangkan. Artinya, menerima adalah hal terbesar yang bisa dilakukan ketika kehilangan hal yang berarti dalam hidup.

7. Tidak pernah kehilangan harapan

Gilbert menggambarkan sebuah parasut yang hanya akan bekerja secara maksimal ketika Anda melompat.

Ketika itu, Anda selamat dengan sempurna. Menurutnya, harapan adalah salah satu dari sedikit sumber yang bertanggung jawab atas perdamaian diri. Jadi, seseorang yang telah mengalami kehilangan tidak akan pernah kehilangan harapan.

Itulah ketujuh pelajaran yang didapatkan setelah kehilangan. Ketakutan dan trauma membutuhkan proses untuk didamaikan. Tetapi menghargai apa yang telah dialami sekaligus kekuatan yang dimiliki adalah cara paling bijak untuk menghidupi kehidupan.