7 Tips Memilih Baju untuk Anda yang Minder dengan Bentuk Tubuh
Ilustrasi tips memilih baju saat insecure dengan citra atau bentuk tubuh (iStockphoto)

Bagikan:

SURABAYA - Rasa minder bisa datang dari berbagai penyebab, salah satunya karena merasa insecure dengan bentuk tubuh yang tak ideal. Padahal mengatasi rasa minder karena bentuk tubuh kurang ideal bisa diatasi. Anda bisa menerapkan tips memilih baju yang tepat. 

Tips memilih fashion yang tepat akan meminimalisir rasa ketidakpercayaan diri atas tubuh Anda sendiri. Berikut VOI rangkumkan untuk Anda.

1. Pilih pakaian longgar

Solusi yang bagus dan aman bagi Anda yang merasa tidak aman dengan bentuk tubuh, bisa memilih pakaian yang longgar. Pakaian yang lebih besar merupakan kiat jitu untuk menyembunyikan bagian tubuh yang membuat enggak percaya diri.

Jenis pakaian ini juga membantu mengalihkan perhatian di area yang membuat Anda merasa tidak aman dan membantu lebih percaya diri.

2. Berani ambil risiko

Bermain aman dengan mode, baik untuk siapa saja yang merasa tidak aman tentang citra tubuh mereka. Tetapi sama juga baiknya ketika Anda berani mengambil risiko sesekali.

Jika Anda mulai menyukai mode terbaru, mulailah dengan membuat perubahan kecil dari outfit yang Anda pakai. Seperti mengganti celana jeans dengan rok jeans atau mengganti sepatu kets dengan pantofel.

3. Belanja pakaian dengan tujuan tertentu

Jika Anda tak percaya diri dengan kaki, cobalah untuk belanja pakaian dengan tujuan spesifik untuk kaki Anda. Misalnya, pilih gaun maxi bermotif kecil, celana hitam boot cut, atau stocking warna gelap. Ini bisa membantu Anda agar lebih nyaman dengan citra tubuh lebih positif.

4. Coba belanja online

Saat belanja di store, mungkin Anda merasa ribet karena harus mencoba pakaian yang Anda pilih. Kalau enggak pas, lalu merasa kecewa atau bahkan bisa membuat rendah diri. Tenang, Anda bisa memanfaatkan market place untuk belanja fasyen secara online.

Saat melakukannya, masukkan kata kunci yang tepat sesuai dengan yang Anda butuhkan. Ini akan membuat Anda merasa aman dan enggak ribet.

5. Minta rekan untuk memberi saran

Rekan Anda mungkin memiliki sense of fashion yang bisa memberikan saran terbaik pada Anda. Jadi, ketika Anda benar-benar enggak punya ide tentang pakaian mana yang pas untuk dipakai, mintalah bantuannya. Mereka  mungkin dapat memberi saran dan tips mode yang berguna untuk Anda.

6. Tetap jujur pada diri sendiri

Hampir setiap orang pernah merasa tidak aman dengan citra tubuh, dan ini benar-benar normal. Artinya, Anda tak sendirian jika pernah merasakannya. Jadi tetaplah jujur pada diri sendiri dan percayalah, Anda tidak perlu membuktikan hal-hal tertentu pada orang lain. Cukup pilih fesyen yang membuat Anda merasa nyaman dan tetaplah jadi diri sendiri.

7. Pakai pakaian yang membuat Anda nyaman

Kenyamanan diri bisa jadi pertimbangan utama karena setiap orang memiliki preferensi masing-masing mengenai model mana yang paling suka dipakai. Dengan fesyen, penting bagi Anda untuk merasa benar-benar nyaman karena bisa langsung memberi asupan rasa percaya diri. Apabila Anda suka memakai jeans dengan sepatu kets, ikuti saja mode tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul Buat yang Sering Insecure dengan Bentuk Tubuh, Ikuti 7 Tips dalam Memilih Baju.

Selain terkait tips memilih baju yang tepat, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.