5 Dampak Kekurangan Vitamin A, Tidak Hanya Terkait Mata namun Terkait Organ Lain
Ilustrasi Vitamin A (Askar Abayev/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Tubuh membutuhkan banyak jenis vitamin, salah satunya vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kinerja organ tertentu tetap berjalan optimal. Sayangnya, asupan vitamin tersebut kadang kurang dan berdampak pada tubuh. Dampak kekurangan vitamin A tak juga bisa meluas ke beberapa bagian tubuh.

Manfaat Vitamin A 

Perlu diketahui bahwa vitamin A membantu mengatur fungsi penglihatan, sistem kekebalan, reproduksi, dan metabolisme. Serta fungsi jantung, paru-paru, ginjal, dan otak. Selain itu vitamin A bersifat antioksidan yang mampu membantu melindungi sel dari kerusakan karena radikal bebas.

Anda dapat memperoleh vitamin A dari berbagai sumber makanan, seperti salmon, bayam, dan sayuran hijau lainnya. Selain itu bisa juga dari susu, keju, kuning telur, jeroan, hati sapi, brokoli, labu, wortel, melon, mangga, dan aprikot.

Wanita dewasa disarankan harus mengonsumsi sekitar 700 mikrogram (mcg) vitamin A setiap hari. Sedangkan rekomendasi harian untuk pria mendekati 900 mikrogram (mcg) per hari. Gaya hidup sehat juga membantu penyerapan vitamin A lebih optimal.

Dampak Kekurangan Vitamin A

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan kesehatan karena sistem kekebalan tubuh dapat melemah.

Apalagi beberapa survei menyebutkan bahwa beberapa orang di negara berkembang tidak mendapatkan cukup vitamin A. Sehingga, kekurangan vitamin A menjadi penyebab utama kebutaan di negara-negara berkembang.

Melansir Byrdie, Senin, 1 Agustus, berikut tanda yang bisa dirasakan jika tubuh Anda kekurangan vitamin A.

1. Mata kering

Mata kering bisa menjadi salah satu tanda pertama kekurangan vitamin A. Mata ditutupi lapisan cairan yang disebut lapisan air mata.

Fungsinya membantu melindungi dan melumasi mata sekaligus menjaga permukaan mata agar tetap bersih. Saat tubuh kekurangan vitamin A, maka kualitas lapisan air mata jadi menurun sehingga mengakibatkan mata jadi kering.

2. Masalah Kesuburan

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A dapat dikaitkan dengan infertilitas.

Seperti diketahui, vitamin A berperan dalam sejumlah proses reproduksi. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui apakah kekurangan vitamin A dikaitkan dengan masalah kesuburan pada pria dan wanita.

3. Masalah dengan penyembuhan luka

Vitamin A adalah komponen penting dari penyembuhan luka yang tepat. Salah satu alasannya adalah vitamin A berperan dalam memoderasi respons peradangan tubuh dan dapat membantu mengendalikan peradangan berlebihan. Tanpa vitamin A yang cukup, tubuh tidak akan sembuh dengan baik.

4. Rabun senja

Rabun senja adalah tanda awal lain dari kekurangan vitamin A. Vitamin A adalah bagian penting dari rhodopsin, protein yang menyerap cahaya di retina. Rhodopsin adalah bagian 'sel batang' dari 'sel batang dan sel kerucut' dan sangat penting untuk mengatur penglihatan malam hari.

5. Kulit kering

Meski bukan satu-satunya penyebab kulit kering, eksim, dan masalah kulit lainnya, tapi kekurangan vitamin A berperan penting dalam masalah-masalah ini. Retinol yang berasal dari vitamin A biasanya digunakan dalam produk skincare untuk mengatasi masalah kulit seperti mengurangi kerutan, menghaluskan tekstur kulit, dan lainnya. 

Kulit mengandung reseptor retinoid dan mendapatkan cukup vitamin A akan membantu menciptakan sel-sel kulit baru, mengurangi peradangan, dan mencegah kekeringan. Jadi tidak mendapatkan cukup vitamin ini dapat menyebabkan kulit kering.

Artikel ini telah tayang dengan judul Selain Bisa Sebabkan Kebutaan, Ini 5 Masalah Lain yang Bisa Timbul Jika Tubuh Kekurangan Vitamin A.

Selain terkait dampak kekurangan vitamin A, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.