Tips Mengatasi Stres Agar Tak Berdampak ke Hubungan Seksual Anda dan Pasangan
Ilustrasi stres dan kehidupan seksual yang saling mempengaruhi (Freepik-Jcomp)

Bagikan:

SURABAYA - Kurangnya seks edukasi memungkinkan seseorang untuk tak mengetahui dampak stres kepada hubungan seksual mereka. Seks dan stres ternyata bisa saling berkelindan. Tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba tips mengatasi stres agar tak membawa efek negatif ke kehidupan seks Anda.

Hubungan Stres dan Seks

Kondisi stres dan seks berkaitan misalnya, saat menghadapi tekanan dalam hidup akan berpengaruh pada menurunnya libido secara drastis. Hal semacam ini yang perlu diantisipasi.

Seks konsensual yang sehat, umumnya mampu membantu tubuh dan pikiran terhindar dari stres. Tak hanya itu, seks berkualitas mampu berdampak baik pada aspek kognitif, fisik, dan emosional positif lainnya, dilansir Psych Central, Senin, 1 Agustus.

Tips Mengatasi Stres

Namun, seks bisa dipengaruhi oleh stres. Nah, supaya tak mengganggu keharmonisan hubungan serta kehidupan seks, beberapa strategi perawatan diri dapat dilakukan.

Bagaimana seks membantu mengelola stres? Dalam produksi yang seimbang, hormon stres atau dikenal dengan hormon kortisol, berperan peting dalam mengatur respons imun, mengontrol tekanan darah, dan menstabilkan proses metabolisme.

Tetapi ketika terlalu banyak tekanan dapat memompa kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol lebih banyak. Kalau tingkar kortisol lebih banyak, risikonya bisa memicu penyakit jantung, tekanan darah tinggi kronis, dan mempengaruhi kondisi mental serta fisik.

Jadi Metode Alami

Ketika kadar kortisol melonjak, seks bisa menjadi metode alami dan efektif untuk mengurangi hormon stres. Seperti halnya latihan fisik, stres melepaskan endorfin yang secara alami meningkatkan suasana hati. Tetapi manfaat seks yang baik tidak terbatas pada membuat Anda bahagia selama foreplay, seks aktif, dan orgasme.

Sebuah studi tahun 2016, menemukan bahwa perempuan yang melakukan hubungan seks berkualitas memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah.

Untuk mengurangi stres yang berisiko juga pada kesehatan fisik, perlu mengambil langkah tepat dalam mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Seperti memotong asupan gula olahan, memulai rutinitas mindfulness, atau mengelola stres secara tepat.

Meredakan Kecemasan

Berhubungan seks, membantu melepaskan zat kimia alami dan hormon yang membuat Anda merasa baik, termasuk endorfin. Ketika bercinta secara konsensual, Anda dan pasangan juga terbantu dalam meningkatkan oksitosin, serotonin, dan dopamin.

Ketiga neurotransmiter ini ketika aktif menawarkan manfaat jangka panjang yang dapat meredakan gejala stres dan kecemasan.

Mengganggu Aktivitas Seksual

Sebaliknya, lantas bagaimana stres dapat mempengaruhi kehidupan seks?

Tingkat stres yang lebih tinggi dapat mengganggu aktivitas seksual, libido rendah, dan memicu disfungsi ereksi. Untuk mengatasi ini, satu-satunya cara adalah mengubah gaya hidup. Misalnya dengan mengatur jadwal, mengutamakan hal prioritas, dan membangun keintiman bersama pasangan.