Menurut Pakar, Ini 5 Rekomendasi Menu Makan Malam untuk Meredakan Stres
Ilustrasi menu makan malam untuk meredakan stres menurut pakar (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pada hari yang banyak pekerjaan dan membuat Anda stres, waktunya mengonsumsi makanan yang bisa menenangkan dan bermanfaat untuk kesehatan. Alih-alih keripik kentang sebungkus, lebih baik makan makanan yang bisa mengendalikan homon stres.

Menurut Dr. Barry Sears, pakar terkemuka dalam pengendalian pola makan dan penulis serta presiden di Inflammation Research Foundation, kelebihan kortisol berdampak buruk pada kecemasan, depresi, dan menekan respons imun. Ini juga menyebabkan kerusakan hipokampus sehingga memengaruhi memori. Kortisol juga meningkatkan resistensi insulin dan berdampak negatif pada tekanan darah. Oleh karena itu, saat-saat stres Anda bisa mengonsumsi makanan yang sehat.

1. Ayam jamur dan quinoa

Saat Anda kekurangan ide untuk menu makan malam, ambil wajan dan siapkan hidangan mudah ini selama 30 menit saja. Makanan kaya magnesium seperti quinoa, dapat membantu menstabilkan suasana hati, menurunkan tekanan darah, dan melawan resistensi insulin yang disebabkan oleh stres. Selain itu, makanan tinggi magnesium ini cenderung tinggi serat yang membantu menstabilkan gula darah dan suasana hati.

rekomendasi menu makan malam untuk meredakan stres menurut pakar
Ilustrasi menu makan malam untuk meredakan stres menurut pakar (Freepik/mahbubhasan223)

2. Bola kacang hitam tanpa daging

Bola kaya protein ini, mengandung bahan penghilang stres. Seperti memasukkan bahan kacang kenari yang mengandung lemak sehat serta kacang-kacangan lain yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks baik untuk diet seimbang karena membantu produksi serotonin. Karena stres meningkatkan kadar gula darah, maka tepat jika mengolah berbagai jenis kacang-kacangan menjadi bola-bola nikmat tanpa tambahan protein hewani atau daging.

3. Salad balsamic, pir, ceri kering, dan manisan kenari

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2013 dilansir NBC News, Rabu, 22 November, menemukan mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, bahagia, dan energik pada hari-hari mereka makan lebih banyak sayuran dan buah. Penelitian terbaru dilansir PLOS ONE, menegaskan bahwa orang dewasa muda yang diberi dua porsi tambahan sayur dan buah mengalami peningkatan signifikan dalam kesejahteraan psikologis. Salad balsamic disajikan bersama pir, ceri kering, dan manisan kenari bisa jadi menu pilihan Anda untuk makan malam setelah mengalami hari stres.

rekomendasi menu makan malam untuk meredakan stres menurut pakar
Ilustrasi menu makan malam untuk meredakan stres menurut pakar (Freepik/KamranAydinov)

4. Oatmeal dengan kale dibumbui bawang putih

Oatmeal tidak hanya untuk sarapan. Pilihan makanan gurih untuk rasa kenyang tetapi juga membantu mengurangi stres, maka oatmeal salah satunya. Oat akan memberi sinyal pada otak untuk melepaskan dosis serotonin yang meningkatkan suasana hati. Sementara kale kaya akan folat yang membantu menurunkan hormon stres. Anda bisa menambahkan telur rebus untuk menambah daya tahan dan dosis triptofan yang terbukti membantu melepaskan dopamin.

5. Puding biji chia cokelat

Bagi Anda yang mengidam gula setelah hari melelahkan, akhiri makan malam dengan puding biji chia cokelat. Sebuah penelitian menemukan, flavanol kakao membantu meningkatkan suasana hati dan mempertahankan pemikiran jernih bagi orang dewasa yang banyak aktivitas.

Selain rekomendasi menu makan malam yang meredakan stres setelah seharian beraktivitas di atas, adakah makanan khusus yang membuat Anda lebih rileks? Anda bisa memilih makanan sehat yang menyokong kesehatan baik fisik maupun mental.