Doa Niat Puasa Ramadan, Doa Sahur, dan Doa Buka Puasa Arab-Latin Lengkap Beserta Artinya
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

Bagi umat Islam, Ramadan jadi bulan yang spesial. Di bulan tersebut mereka akan melaksanakan ibadah puasa yang wajib dilaksanakan. Sebagai salah satu penunjang ibadah puasa Ramadan adalah mengucap doa niat puasa Ramadan, doa sahur, hingga mengucap doa buka puasa.

Patut diketahui, puasa Ramadan adalah puasa yang dilakukan pada bulan Ramadan dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Dalam ajaran agama Islam, puasa di bulan tersebut sangat istimewa karena memiliki berbagai keistimewaan, salah satunya adalah menghapus dosa yang telah diperbuat.

Puasa Ramadan juga jadi ibadah wajib yang sama pentingnya dengan ibadah lain. Bahkan, perintah puasa turun dari Allah SWT secara langsung lewat Al-Qur'an, yakni dalam Q.S al-Baqarah ayat 185.

......فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ......

Artinya:

"… Karena itu, barangsiapa di antara kamu yang menyaksikan bulan Ramadan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, …."[QS. al-Baqarah (2): 185].

Pengertian Doa Niat Puasa

Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas Islam memiliki beragam tradisi yang berkaitan dengan ibadah puasa Ramadan, salah satunya adalah mengucap doa niat puasa secara bersamaan.

Doa tersebut biasanya diucap setelah menyelesaikan ibadah tarawih Ramadan. Hal itu dilakukan agar ibadah puasa bisa lebih sempurna lagi. Karena saat seseorang melupakan niat puasa Ramadan, ada kemungkinan ibadah jadi kurang sempurna.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa doa niat puasa Ramadan adalah doa yang dilakukan sebelum melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Terkait niat puasa, dapat ditemui dalam sebuah dalil yang diriwayatkan Aisyah.

Aisyah berkata, "Rasulullah datang kepada saya lalu bertanya, "Apa ada makanan?" Kami menjawab, "Tidak ada". Rasulullah berrkata, "Kalau begitu saya berpuasa" (H.R Muslim No 1951).

Doa niat berpuasa sendiri bisa dilakukan sebelum memulai puasa, bisa dilakukan saat sahur atau dilakukan malam hari jauh sebelum sahur.

Doa Niat Puasa

Niat puasa Ramadan sebenarnya bisa dilakukan dengan melafalkannya keras-keras atau bisa dilakukan cukup dalam hati. Berikut ini doa niat puasa Ramadan yang umum dibaca bersama-sama di Indonesia.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin an’adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita’ala

Artinya:

"Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Membaca Doa Sahur

Doa sahur adalah doa yang dibaca saat makan sahur sebelum menjalankan ibadah puasa. Patut diingat bahwa doa niat puasa dan doa sahur berbeda. Doa niat puasa dibaca sebelum puasa, sedangkan doa sahur dibaca saat sahur saja. Sahur sendiri dilakukan menjelang subuh sebelum matahari terbit.

Sahur juga sangat dianjurkan sebelum melakukan ibadah puasa. Bahkan, Rasulullah SAW menganjurkan sahur meski hanya dengan seteguk air. Hal itu sebagaimana tercantum dalam hadis.

وعن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم تسحروا ولو بجرعة من ماء رواه ابن حبان في صحيحه

Artinya:

“Dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘’ Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air,” (HR Ibnu Hibban).

Rasulullah SAW sendiri juga membaca doa saat saat menyantap sahur. Doa tersebut diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani. Hadis tersebut Rasulullah SAW menjelaskan bahwa kurma adalah hidangan paling baik untuk sahur. Berikut hadis yang dimaksud, dikutip dari situs NU Online.

وروي عن السائب بن يزيد رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم نعم السحور التمر وقال يرحم الله المتسحرين

Artinya:

“Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.” Rasulullah SAW lalu berdoa, ‘Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,’” (HR At-Thabarani).

Sedangkan doa sahur adalah sebagai berikut.

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullâhul mutasahhirîn

Artinya:

“Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.”

Doa Buka Puasa

Ada beberapa versi doa buka puasa yang kerap diamalkan orang Islam di Indonesia. Namun, umumnya doa tersebut seperti yang telah diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Berikut ini bacaan doa buka puasa Ramadhan lengkap beserta artinya.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya:

"Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang." (HR Bukhari dan Muslim).

Selain informasi terkait doa niat puasa Ramadan, doa sahur, dan doa buka puasa, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.