Memasuki Ramadan, Harga Daging Ayam di Jember Mulai Melambung
Foto dok. Pedagang melayani pembeli daging ayam ras di Pasar Tanjung Jember (ANTARA/ Zumrotun Solichah)

Bagikan:

Surabaya – Menjelang Ramadan, harga daging ayam di sejumlah pasar pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur, mulai melambung. Yang semula harga daging ayam berada di angka Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram, kini menjadi Rp42 ribu per kilogram.

"Harga ayam mulai naik selama sepekan terakhir dan hampir setiap hari naik hingga kini harganya Rp42 ribu per kilogram karena permintaanya juga tinggi," jelas pedagang ayam Zubaidah di Pasar Tanjung Jember, dikutip dari Antara, Senin, 12 April.

Ia menilai, hampir tiap tahun harga daging ayam ras memang naik di momen menjelang Ramadan karena banyak permintaan.

"Tradisi masyarakat yang menggelar tasyakuran di musala dan masjid menjelang awal Ramadan menyebabkan permintaan daging ayam cukup tinggi, namun pasokan cukup," katanya lagi.

Harga Daging Ayam Naik di Hampir Semua Pasar Tradisional Jember

Harga daging ayam diprediksi akan turun saat memasuki pekan pertama bulan Ramadan. Kebutuhan daging ayam sendiri biasanya naik selama Ramadan hingga Lebaran.

Sementara Kasi Pengembangan Usaha dan Promosi Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri Disperindag Jember Eko Wahyu Septantono mengatakan kenaikan harga daging ayam ras hampir terjadi di semua pasar tradisional di Jember.

"Fenomena kenaikan harga daging ayam ras selalu terjadi menjelang Ramadan karena permintaan masyarakat akan komoditas itu cukup tinggi," tuturnya.

Ia mengatakan harga daging ayam ras di pasar tradisional yang disurvei petugas berkisar Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram, namun pasokan komoditas tersebut dipastikan cukup.

"Secara keseluruhan harga bahan pokok cukup stabil menjelang Ramadan, namun ada beberapa komoditas tertentu yang naik seperti daging ayam ras dan telur ayam," tambahnya lagi.

Harga beras di Pasar Tanjung berkisar Rp10 ribu hingga Rp12.500 per kilogram, gula pasir Rp12 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp22.500 per kilogram, dan cabai rawit Rp60 ribu per kilogram.

Selain terkait harga daging ayam, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.