Pasien COVID-19 Turun Dua Bulan Terakhir, RSUD Tongas Probolinggo Buka Layanan Rawat Inap NonCOVID-19
RSUD Tongas Probolinggo (probolinggokab.go.id)

Bagikan:

Fasilitas rawat inap bagi pasien nonCOVID-19 mulai berlaku lagi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tongas di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

"Meskipun demikian, kami tetap siap dengan 38 tempat tidur untuk pasien COVID-19 sesuai penunjukkan sebagai Rumah Sakit COVID-19 di Kabupaten Probolinggo," jelas Direktur RSUD Tongas dr Hariawan Dwi Tamtama di kabupaten setempat, dikutip dari Antara, Selasa, 13 April.

Ia menjelaskan, untuk pelayanan COVID-19 dan nonCOVID-19 semua dipisah, mulai dari alur, zonasinya, bahkan sarana dan prasarananya dijamun tak bercampur.

"Kami sudah siap memberikan pelayanan dan membuka layanan rawat inap nonCOVID-19 untuk masyarakat. Sistemnya, alur, zonasi dan prosedurnya sudah disiapkan," jelasnya.

RSUD Tongas Probolinggo Pisahkan Fasilitas COVID-19 dan nonCOVID-19

Layanan rawat inap nonCOVID-19 yang siap diberikan baik khusus dewasa maupun anak-anak, pelayanan kebidanan, kandungan, layanan perawatan intensif anak-anak dan dewasa, termasuk pelayanan penunjang medis dan non medis pasien biasa.

"Untuk SDM, kami juga sudah pisahkan antara tenaga khusus yang bertugas di pelayanan COVID-19 dan yang bukan, termasuk sarana prasarana juga sudah siapkan, sehingga layanannya sudah terpisah," jelasnya lagi.

Pembukaan kembali layanan rawat inap nonCOVID-19 ini diambil dengan mempertimbangkan bahwa tren kunjungan dan rawat inap pasien COVID-19 selama dua bulan terakhir turun dan cenderung makin sedikit.

"Dalam dua minggu terakhir sejak 26 Maret 2021 sudah kosong tidak ada pasien COVID-19, namun kami tetap menyiapkan 38 tempat tidur untuk perawatan pasien COVID-19."

Terkait prosedur, nantinya pasien rawat inap nonCOVID-19 mulai dari depan untuk penerimaan pasien rawat inap dari dua pintu dari rawat jalan dan rawat inap, jalur khusus sudah tersedia dan terpisah. Sedangkan dari penerimaan IGD juga tak dicampur dengan IGD COVID-19 dan bukan.

"Untuk layanan nonCOVDID-19 bebas pengunjung, terutama keluarga pasien boleh masuk. Kendati demikian, tetap ada pembatasan karena masih dalam situasi pandemi dan protokol kesehatan tetap akan dipastikan berjalan dengan baik," tandasnya.

Selain terkait layanan RSUD Tongas Probolinggo, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.