Stok Beras di Bulog Probolinggo Cukup Untuk Satu Tahun ke Depan
Foto dok. Stok beras di gudang Bulog Probolinggo (ANTARA)

Bagikan:

Probolinggo – Stok beras di Bulog Probolinggo, Jawa Timur, masih mencukup kebutuhan beras di kabupaten tersebuut. Per 8 April 2021 stok beras mencapai 13.465 ton, sehingga mampu memenuhi kebutuhan hingga April 2022.

"Selain itu, Bulog melakukan penyerapan beras per 8 April 2021 sebanyak 5,143 ton, sehingga stok beras sangat aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat," ujar Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi, dikutip dari Antara, Kamis.

Stok Beras di Probolinggo Aman untu Ramadan

Angka tersebut didapatkan dari laporan hasil rapat koordinasi/High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Probolinggo.

"Rapat koordinasi itu bertujuan dalam rangka upaya pengendalian inflasi daerah dan antisipasi ketersediaan, keterjangkauan harga serta kelancaran distribusi bahan pokok dan barang strategis lainnya pada Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dalam situasi pandemi," paparnya.

Mengacu pada Permendag Nomor 57 Tahun 2017, Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras medium mencapai Rp9.450 per kg, beras premium Rp12.800 per kg. Luas areal panen padi sendiri per Maret 2021 mencapai 10.000 hektare.

"Analisa ketersediaan pangan dihitung dengan rumus ketersediaan pangan – konsumsi (dengan asumsi konsumsi beras di Kabupaten Probolinggo sebanyak 88,6 kg/orang/tahun," tuturnya.

Stok beras yang tersimpan di Bulog Probolinggo cukup hingga satu tahun ke depan lantaran sudah ada yang panen padi di kabupaten tersebut.

Selain terkait stok beras di Bulog Probolinggo, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.