Dokter RS Siloam Surabaya Bagi Tips Aman Berpuasa Khusus Penderita Diabetes
Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin Metabolik dan Diabetes Siloam Hospitals Surabaya Dr. dr. Soebagijo Adi Soelistijo, SpPD-KEMD (FOTO ANTARAHO-RS Siloam Surabaya)

Bagikan:

Surabaya – Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin Metabolik dan Diabetes Siloam Hospitals Surabaya Dr. dr. Soebagijo Adi Soelistijo, SpPD-KEMD mengungkap ada beberapa tips aman berpuasa bagi penderita diabetes.

Dalam acara Bincang Sehat Bersama Siloam yang digelar secara virtual di Surabaya, Kamis, 14 April, dr. Soebagijo mengingatkan bahwa diabetes memiliki dua gejala yakni akut dan kronis. Selain itu, komplikasi yang disebabkan karena diabetes juga akan mengancam penderita. Oleh karena itu sangat penting melakukan pengecekan rutin untuk mengetahui kadar gula darah.

"Obat untuk diabetes tidak boleh ditakar atau ditentukan sembarangan secara mandiri, pemakaiannya harus sesuai anjuran dokter agar sesuai dengan kebutuhan" ucapnya, dikutip dari Antara.

Pasien Diabetes Dianjurkan Tetap Olah Raga dan Makan Buah

Puasa untuk pasien diabetes, lanjut dr. Soebagijo, dibolehkan asal memenuhi kriteria scoring. Oleh karena itu disarankan untuk pasien melakukan scoring.

"Disarankan bagi penderita diabetes untuk melakukan scoring bagi diri sendiri untuk mengetahui apakah kondisi tubuh memungkinkan untuk melakukan ibadah puasa," paparnya.

Dari scoring itu nantinya akan ada tiga kategori, pertama adalah risiko tinggi, di mana pasien tak disarankan puasa. Lalu risiko sedang, pasien masih boleh puasa asal harus sangat hati-hati, dan ketig adalah risiko rendah di mana pasien bileh puasa.

Saat puasa, penderita diabetes dianjurkan untuk tak minum obat (kecuali metformin dan TZD) saat sahur dan bisa diganti saat buka. Lakukan olah raga ringan setelah sholat tarawih, atur pola makan selama puasa.

Penderita diabetes juga dianjurkan mengonsumsi buah secara utuh, atau bisa juga dibuat jus dengan pemanis khusus diabetes atau bisa juga tanpa penambahan apapun.

“Hal ini bertujuan agar kandungan gula tidak meningkat," paparnya.

Selain terkait tips aman berpuasa untuk penderita diabetes, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.