USAID dan Pemkot Surabaya Jalin Kerja Sama Terkait Ketenagakerjaan Disabilitas
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat menerima audiensi dari rombongan USAID Mitra Kunci (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

Bagikan:

Surabaya – United States Agency for International Development (USAID) Mitra Kunci menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya terkait ketenagakerjaan dan kewirausahaan untuk disabilitas.

Dilansir dari Antara, Rabu, 28 April, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengaku bahwa pihaknya telah memberi ruang pada masyarakat disabilitas.

"Selama ini, kami telah memberikan ruang kepada mereka (disabilitas). Tentunya mereka harus menunjukkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki," kata Armuji saat menerima audiensi dari USAID Mitra Kunci di Ruang Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya.

Pemkot Surabaya Paparkan Keberhasilan Program Ketenagakerjaan Disabilitas

Dalam audiensi, USAID Mitra Kunci memaparkan program barunya yang bertajuk Penguatan Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan bagi Penyandang Disabilitas. Ke depannya program tersebut akan disinergikan dengan Pemkot Surabaya.

Armuji menanggapi program tersebut secara positif. Ia juga sempat memaparkan keberhasilan program pemkot terutama dalam pemberdayaan disabilitas yang bertujuan untuk memberikan ruang dan kesempatan untuk berkarya.

"Mereka harus menunjukkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Kami berikan ruang itu, sehingga membuat orang tuanya merasa bangga. Lebih dari itu, anak-anak juga akan terus mengasah bakat dan kemampuan yang dimiliki," katanya.

Tak hanya itu, Armuji juga sempat memperkenalkan tiga staf disabilitasnya, yakni fotografer, bagian desain, dan membuat konten. Meski bekerja di keterbatasan, kemampuan mereka lebih unggul dibanding orang pada umumnya.

Para pekerja disabilitas itu juga dipastikan bekerja dengan baik dan dapat bekerja secara tim.

"Mereka sangat kompak dengan timnya, bisa seirama. Mereka juga responsif, tidak ketergantungan. Terkadang tidak menggunakan penerjemah," jelasnya lagi.

Selain terkait kerja sama ketenagakerjaan disabilitas, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.