Program Akun Terverifikasi di Twitter Kembali Dibuka, Simak Cara Mendapatkannya
Akun centang biru Twitter (DNA India)

Bagikan:

SURABAYA – Twitter kembali meluncurkan program akun terverifikasi untuk umum. Artinya, siapapun  dan dari mana pun bebas mendaftar untuk mendapatkan badge centang biru pada akun profil akun Twitter miliknya.

Hanya saja, kali ini Twitter cukup tegas dalam mengantisipasi spammer maupun akun-akun yang berniat jahat. Perusahaan bakal mengawasi setiap akun yang menerima centang biru selama beberapa pekan.

BACA JUGA:


Enam kriteria baru yang boleh ikut program akun terverifikasi di Twitter

Jika diketahui ada akun yang memperbarui informasi akun (misal ganti nama), maka perusahaan akan langsung mencopot badge Akun Terverifikasi. Dengan begitu, diharapkan setiap akun yang mendapatkan badge bisa memberi dampak positif bagi ekosistem media sosial.

Dalam rilis yang dibagikan melalui blog resmi, Twitter menjelaskan bahwa program ini hadir dengan  beberapa kriteria yang sudah diperbarui. Pembaruan kriteria tersebut dibuat berdasarkan umpan balik yang diperoleh dari pengguna.

Enam kriteria baru yang boleh mendapatkan centang biru dari Twitter. Antara lain:

  1. Lembaga pemerintahan
  2. Perusahaan, brand, atau organisasi
  3. Organisasi berita atau jurnalis
  4. Hiburan
  5. Olahraga atau gaming
  6. Aktivis, influencer, atau tokoh berpengaruh lainnya

Cara Mendaftar Program Akun Terverifikasi Twitter

Untuk saat ini, perusahaan belum membuka keran pendaftaran. Menurut rencana, pendaftaran program ini akan dimulai dalam waktu ‘beberapa pekan ke depan’.

Nantinya, pendaftaran akun centang biru bisa dilakukan melalui halaman Pengaturan. Selanjutnya, pengguna cukup mengklik tombol yang sudah disediakan.

Setelah mendaftar, pengguna bisa menunggu hingga Twitter selesai melakukan evaluasi. Proses evaluasi bisa berlangsung beberapa hari saja. Tapi, juga bisa berlangsung hingga beberapa pekan. Tergantung pada jumlah akun yang mengajukan diri untuk berpartisipasi dalam program ini.

Proses yang terbilang lamban bukanlah tanpa sebab. Pasalnya, Twitter bakal melakukan proses evaluasi dan penilaia menggunakan tenaga manusia. Tujuannya tentu saja agar hasil yang didapat benar-benar meyakinkan.

Dan jika akun pengguna terbukti memenuhi kriteria yang diajukan, tak butuh waktu lama hingga centang biru tersemat di halaman profil. Pula, jika Twitter belum menyetujui permintaan pengguna, tapi ada pengguna yang beranggapan bahwa dirinya layak mendapatkan centang biru, perusahaan membebaskan untuk mengirimkan ulang permintaan.

Hanya saja, proses evaluasi ulang baru bisa dilakukan selang 30 hari sejak pengiriman pertama. Sedangkan untuk akun yang sudah mendapatkan centang biru, pengguna tidak perlu lagi mengikuti program ini.

Artikel ini telah tayang dengan judul Twitter Hadirkan Lagi Program Akun Terverifikasi, Begini Cara Dapat Badge Centang Biru!.

Selain terkait program akun terverifikasi, dapatkan informasi dan berita lainnya hanya di VOI.

Terkait