Pan Lirik Gubernur Khofifah untuk Dicalonkan di Pilpres 2024, Republic Institute: Kepuasan Masyarakat Sebesar 82,8 Persen
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

SURABAYA - Meski Pilpres 2024 masih lama, sejumlah partai mulai mencari kandidat potensial termasuk PAN. Partai tersebut nampaknya melirik Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Mereka menilai kinerja gubernur wanita pertama di Jatim itu mampu dirasakan oleh masyarakat di provinsinya, sehingga ia potensial untuk menjadi calon di Pilpres 2024.

"Dari hasil survei kami, kepuasan masyarakat Jawa Timur terhadap kinerja Gubernurnya, yaitu Ibu Khofifah Indar Parawansa, adalah 82,8 persen. Kepuasan itu menyangkut apa yang dirasakan masyarakat dari kinerja pemerintah," jelas Direktur The Republic Institute Sufiyanto di Surabaya dikutip Antara, Senin, 11 Oktober.

Masyarakat Puas dengan Kinerja Gubernur Khofifah

Kepuasan kinerja Gubernur Khofifah dilihat dari beberapa indikator yang tersaji dalam data evaluasi pembangunan terbaik. Hasilnya adalah masyarakat Jatim menilai pembangunan pendidikan di era kepemimpinan Gubernur Khofifah jadi yang terbaik, yakni sebesar 20,4 persen.

Selanjutnya, yang juga dinilai memuaskan dan terbaik, adalah pembangunan di bidang kesehatan sebesar 16,4 persen. Terbaik ketiga adalah pembangunan di bidang infrastruktur sebesar 16,1 persen.

"Masyarakat menilai pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur di Jatim sangat bisa dirasakan. Misalnya untuk pendidikan, pembangunan akses pendidikan di beberapa lembaga pendidikan nonformal seperti pesantren. Fasilitasnya itu sangat dirasakan masyarakat," kata Sufiyanto.

Begitu juga di bidang pembangunan kesehatan dan infrastruktur, menurutnya masyarakat memberi penilaian berdasarkan manfaat yang dapat dirasakan terkait ketersediaan fasilitas di kedua bidang tersebut, khususnya di masa pandemi virus corona (COVID-19).

Di sisi lain, lanjut Sufiyanto, dari hasil survei yang dilakukan The Republic Institute, masyarakat Jatim juga memiliki masukan terkait pembangunan yang masih harus mendapatkan perhatian.

Pertama adalah sektor kesempatan kerja sebesar 22,5 persen, perbaikan harga produk komoditas 13,7 persen, dan pelayanan kesehatan sebesar 12,7 persen.

Tokoh Potensial di Pilpres 2024

Selain itu, survei kali ini juga memotret peluang-peluang para tokoh dalam bursa calon presiden tahun 2024 mendatang.

Para responden menilai calon presiden dengan popularitas terkuat adalah Prabowo Subianto dengan hasil survei 98,8 persen.

Di urutan kedua tercatat nama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dengan angka popularitas 97,8 persen.

"Namun jika dilihat antara Prabowo dan Khofifah, tingkat 'liketabilitas'-nya sebagai calon presiden lebih besar Khofifah. 'Liketabilitas' Khofifah 81,2 persen, sedangkan Prabowo 57,1 persen," ucap Sufiyanto.

Survei dilakukan terhadap 1.225 orang responden dengan kriteria yang memiliki hak pilih pada pemilihan umum tahun 2018.

"Survei dilakukan pada periode tanggal 1 hingga 13 September 2021 dengan metode 'multistage random sampling' dan 'margin error' 2,8 persen," katanya.