Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Pimpin Bersih-bersih Saluran Air
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memimpin kerja bakti untuk membersihkan saluran air di kawasan Jalan Setro, Kelurahan Gading, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Kami normalisasi mulai dari ujung sana (Jalan Setro), baru beberapa meter sudah dapat empat truk sampah. Isinya ada botol macam-macam, termasuk lumpur. Tapi bukan banyak lumpurnya, malah yang banyak sampahnya," kata Eri Cahyadi dikutip Antara, Minggu, 21 November

Wali Kota meminta warga yang tempat usahanya berada di dekat saluran air ikut membersihkan sampah di saluran air. 

"Warga ini bisa melakukan kerja bakti sehingga tidak banjir. Karena tadi kami lihat salurannya berhenti semua. Jadi saluran di Jalan Raya (Setro Baru) ini tidak berfungsi karena sudah tertutup sama sampah," katanya.

Saat memimpin pembersihan saluran air, Wali Kota melihat ada bagian saluran air yang ditutup permanen sehingga sulit dibersihkan. 

Eri Cahyadi menginstruksikan aparat pemerintah terkait membongkar penutup saluran air itu dan memperbaikinya.

"Jadi penutup saluran nanti saya minta di seluruh tempat usaha jangan besar-besar, dibuat tiga bagian biar bisa diangkat. Kalau sudah diangkat, maka yang bersihkan warganya sendiri, bareng-bareng, tidak bisa kalau hanya pemerintah saja," katanya.

Wali Kota juga mendapati satu pabrik keramik di kawasan Jalan Lebak Jaya I Utara membangun bak sampah permanen tepat di atas saluran air.

Wali Kota Eri Cahyadi dan Kapolsek Tambaksari Kompol Muhammad Akhyar menegur pemilik pabrik tersebut.

Bak sampah permanen di atas saluran air itu kemudian dibongkar dan pemilik pabrik diingatkan agar tidak lagi membuang sampah di area saluran air.