Penyaluran Bantuan Makan Sehat untuk 1.785 Anak Stunting di Surabaya dalam Rangka Hari Ibu
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Surabaya, Jawa Timur memberikan bantuan makanan sehat untuk  1.785 anak yang mengalami stunting (kekerdilan) di Kota Surabaya. Pemberian bantuan tersebut dilakukan selama tujuh hari ke depan dalam rangka memperingati Hari Ibu.

Bantuan Makanan Sehat untuk Anak Stunting

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya Rini Indriyani  menjelaskan, di Hari Ibu, pihaknya juga menggelar lomba Cipta Menu untuk Balita Stunting.

"Dalam lomba itu kami menggandeng OPD di Pemkot Surabaya," ucapn Rini yang juga istri dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ini dikutip Antara, Kamis, 23 Desember.

Rini berharap, dalam pelaksanaan lomba Cipta Menu untuk Balita Stunting itu, menu makanan sehat dari lomba bisa diterapkan oleh para ibu agar Kota Surabaya bisa bebas dari angka stunting (zero stunting).

"Jadi, kadang-kadang anak-anak stunting ini menjadi malas makan, sehingga dibuat plating makanan dengan harga yang murah, yakni maksimal harganya Rp15.000. Dari angka itu, para ibu bisa meniru menu yang bermacam-macam," kata Rini.

Makanan Dibagikan kepada Ribuan Anak

Rini yang juga menjabat sebagai Ketua Bunda PAUD Kota Surabaya ini menerangkan bahwa seluruh OPD di Kota Surabaya masing-masing mengumpulkan 25 kotak menu yang akan dibagikan serentak kepada 1.785 anak. Tiap kotak akan diberikan urutan racikan bahan.

"Makanan langsung didistribusikan. Selama tujuh hari mereka akan membuat menu makanan itu. Sehingga, keluarga stunting bisa meniru menu masakan tersebut," katanya.

Karena itu, Rini mengajak kepada para ibu di Kota Surabaya untuk semangat dalam kondisi apapun. Ia meyakini seorang ibu selalu memiliki semangat dan keikhlasan untuk mendoakan anak-anaknya.

"Meskipun dalam keterbatasan, ibu-ibu selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Apa pun kondisinya kita harus menjadi ibu yang hebat," katanya.