Ramai Lelaki Berjenggot Tendang Sesajen di Lumajang, Abu Janda: Tak Ada Islamofobia, Adanya Sesajenphobia dan Salibphobia
Tangkap layar via Twitter

Bagikan:

JAKARTA - Pegiat media sosial, Permadi Arya atau biasa dipanggil Abu Janda mengungkap tak ada yang namanya Islamphobia di Tanah Air. Tapi, banyak fobia atau ketakutan lain seperti sesajenphobia hingga valentinephobia.

Hal ini disampaikan Abu Janda menanggapi video viral seorang lelaki berjenggot menendang sesajen yang diletakkan warga Desa Sumbersari Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur.

"Faktanya di Indonesia TIDAK ADA Islamophobia. yang faktanya ada di Indonesia itu Sesajenphobia, Salibphobia, SelamatNatalphobia, GerejaBaruphobia, TahunBaruphobia, dan juga.. Valentinephobia," tulis Abu Janda dalam judul unggahan di Instagram miliknya, @permadiaktivis2 yang dikutip Senin, 10 Januari.

Meski banyak fobia atau ketakutan yang dirasakan oleh kelompok tertentu, Abu Janda menyebut ada satu hal yang tidak ditakuti bahkan ditunggu-tunggu kehadirannya.

"Cuma Angpao imlek yang selamat dari Phobia (emoticon tertawa) 100% FAKTA (emoticon jempol) Selamat pagi, jangan lupa ngopi (emoticon senyum)," ujarnya.

Tak hanya itu saja, Abu Janda juga mengunggah foto dirinya dengan latar belakang gunung dan rumah di pedesaan.

Dalam foto itu, dia menulis, "ada sesajen kamu risau. Lihat salib, kamu takut. Ada hari natal kamu cemas. Ada gereja baru, kamu resah. Lewatin tahun baru dan valentine, kamu galau. Tapi angpao kamu doyan."

"Kamu sebenarnya manusia? Apa setan mata duitan?"

Adapun foto yang diunggah oleh Abu Janda itu sudah disukai 7.780 dan dikomentari beragam oleh pengguna Instagram. Salah satunya, akun bernama @iwan_ang.

"Cuma Diskon Natal dan Angpao Imlek yang membuat mereka "bertekuk lutut".... (emoticon tertawa)," tulis warganet tersebut.

Diberitakan sebelumnya, beredar video viral berdurasi 25 detik yang memperlihatkan seorang pria yang mengenakan rompi berwana hitam seenaknya menendang sesajen milik warga. Saat menendang, pria ini juga sambil berujar 'Allahu Akbar'.

Bukan hanya satu sesajen yang ditendang oleh pria itu. Tapi ada beberapa sesajen di titik lainnya yang dihancurkannya.