Hati-hati! Aksi Pencurian dengan Modus Pura-pura Bertanya, Korban Lengah Handphone Dicuri
Toko mainan tempat aksi pencuri mengambil handphone milik penjaga toko/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Dua orang pencuri masuk ke dalam salah satu toko mainan di kawasan Batu Ampar, Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur. Dalam melancarkan aksinya, kedua pura-pura bertanya kepada korban perihal rumah kontrakan.

"Saat itu saya lagi nyapu, terus ada dua orang lewat. Terus dia ngebuka gerbang dan saya samperin. Dia nanya kontrakan ke saya," kata Ainun, pekerja di toko mainan yang menjadi korban pencurian, Selasa 11 Januari.

Setelah diberi tahu oleh korban, tanpa disadari pelaku melancarkan aksinya. Sementara korban lanjut melakukan bersih-bersih di toko tempatnya bekerja.

"Saya engga ada pikiran curiga saat itu. Saya langsung nyapu lagi dan satu orang kesana, kemudian handphone saya hilang," ujar korban.

Dua orang pelaku memiliki peranan masing-masing, satu orang berperan sebagai eksekutor, sementara satu pelaku bertugas memantau situasi dari motornya.

"Iya langsung cek di CCTV muka pelaku kelihatan. Yang satu (pelaku) mantau dan satu (pelaku) lagi masuk ke dalam, mantau di belakang," ucapnya.

Meski korban tidak mengenali identitas pelaku, namun dia mengatakan kalau pemilik toko mengenali ciri-ciri pelaku di dalam rekaman kamera CCTV. Pemilik toko mengenali karena pelaku pernah mencuri handphone di lokasi yang sama.

"Bos saya seperti hafal muka pelaku, sebelumnya pernah kejadian. Sebelumnya handphone juga milik pembeli, kejadian setahun yang lalu," jelas korban.

"Ada rencana mau lapor polisi dalam waktu dekat," ujarnya.