Gunakan Ganggang untuk Hasilkan Warna Biru, Bir di Prancis Ini Laku 1.500 Botol dalam Dua Bulan
Ilustrasi. (Unsplash/Jon Tyson)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen bir asal Prancis mulai menggunakan ganggang dengan pigmen alami untuk mengubah bir mereka menjadi biru.

Bir, dengan nama merek "Line", adalah hasil kerja sama antara perusahaan yang ingin mempopulerkan ganggang sebagai suplemen makanan, dan tempat pembuatan bir terdekat yang sedang mencari cara untuk membuat minumannya lebih khas.

"Birnya laris manis," kata Sebastien Verbeke, karyawan Hoppy Urban Brew, yang membuat minuman itu, seperti mengutip Reuters 4 Februari.

"Minuman ini mendapatkan sejumlah besar minat dan keingintahuan dari masyarakat," sambungnya.

Warna biru berasal dari spirulina, ganggang yang ditanam di cekungan oleh perusahaan bernama Etika Spirulina di Prancis utara. Komponen spirulina yang memberi warna biru, yang disebut phycocyanin, kemudian ditambahkan ke bir selama proses pembuatannya

Mencicipi sebotol bir yang baru diproduksi, karyawan tempat pembuatan bir Mathilde Vanmansart menggambarkannya sebagai hoppy, ringan, dan dengan nada buah, sementara satu-satunya bukti ganggang yang ditambahkan adalah warnanya yang khas.

Xavier Delannoy, yang pertaniannya menyediakan spirulina mengatakan, setelah beberapa uji coba, pabrik telah menemukan campuran yang menarik bagi pelanggan.

Dia mengungkapkan 1.500 botol bir biru dijual antara Oktober dan Desember tahun lalu, dan tempat pembuatan bir sekarang bersiap untuk meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan.