Camilla Bisa Jadi Permaisuri, Pangeran Charles Berterima Kasih kepada Ratu Elizabeth II
Pangeran Charles bersama Camilla. (Wikimedia Commons/Ibagli)

Bagikan:

JAKARTA - Pangeran Charles pada Hari Minggu mengucapkan terima kasih kepada ibunya Ratu Elizabeth II, karena secara terbuka menyatakan keinginannya agar istrinya Camilla menjadi Permaisuri ketika Charles menjadi raja, mengakui kehormatan pada peringatan 70 tahun aksesinya ke takhta Inggris.

Permintaan, berkah yang kemungkinan akan menghilangkan kebutuhan untuk diskusi apa pun tentang gelar di masa depan, mengikuti era sebelumnya ketika Camilla difitnah oleh pers tabloid karena gagalnya pernikahan Charles dengan istri pertamanya, mendiang Putri Diana.

Ratu berusia 95 tahun itu mengatakan, adalah "harapannya yang tulus" bahwa ketika hari itu tiba, Camilla akan dikenal sebagai Permaisuri Ratu.

Charles membuat tanggapannya pada hari Minggu ketika dia memimpin persembahan dari para pemimpin dunia dan agama kepada raja ketika dia melewati tonggak sejarah yang tidak pernah dicapai oleh pendahulunya dalam hampir 1.000 tahun dari garis yang menelusuri asal-usulnya kembali ke Raja Norman William I dan penaklukan Inggris 1066.

"Kami sangat menyadari kehormatan yang diwakili oleh keinginan ibu saya," kata Pangeran Charles dalam sebuah pernyataan, mengutip Reuters 7 Februari.

camila, charles, ratu
Camilla bersama Pangeran Charles dan Ratu Elizabeth II. (Wikimedia Commons/Carfax2)

"Seperti yang telah kami upayakan bersama untuk melayani dan mendukung Yang Mulia dan orang-orang di komunitas kami, istri tercinta saya telah menjadi dukungan teguh saya selama ini," sambungnya.

Pasangan lama menjalin kasih ini menikah pada tahun 2005, memungkinkan Camilla untuk secara bertahap mengambil peran yang lebih menonjol. Dengan gelar Duchess of Cornwall saat ini, Camilla sekarang menjadi anggota keluarga kerajaan yang populer dan secara teratur muncul dalam tugas resmi bersama Ratu, Charles serta putranya, William dan istrinya Kate.

Untuk diketahui, Putri Diana, ibu dari Pangeran William dan Harry, meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris pada tahun 1997.

Pernyataan tentang masa depan monarki muncul saat negara itu merayakan peran Ratu selama 70 tahun terakhir. Inggris akan mengadakan empat hari acara nasional pada Bulan Juni untuk menandai perayaan platinumnya.

Pangeran Charles bergabung dengan Perdana Menteri Boris Johnson, Gedung Putih, Uskup Agung Canterbury dan politisi lainnya dalam memuji Ratu atas dedikasinya untuk pelayanan publik.

"Selama 70 tahun terakhir, dia telah memperkuat ikatan persahabatan, cita-cita bersama, dan keyakinan pada demokrasi yang selamanya menyatukan negara kita," kata Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

pangeran charles dan camilla
Pangeran Charles bersama Camilla. (Wikimedia Commons/Agência Brasil)

Selama tujuh dekade di atas takhta, Ratu telah menjadi simbol stabilitas negara selama perubahan sosial, ekonomi dan politik yang besar, termasuk berakhirnya Kerajaan Inggris.

Tetapi, peringatannya datang setelah masa yang sangat sulit bagi monarki, menyusul tuduhan pelecehan seksual yang dihadapi putranya Pangeran Andrew di Amerika Serikat, yang dibantahnya. Serta tuduhan rasisme di rumah tangga kerajaan dari cucu Pangeran Harry dan istrinya Meghan.

Elizabeth menjadi Ratu Inggris dan lebih dari selusin kerajaan lainnya termasuk Kanada, Australia dan Selandia Baru setelah kematian ayahnya Raja George VI pada 6 Februari 1952, saat dia berada di Kenya dalam tur internasional pada usia 25 tahun.

Berita itu disampaikan kepadanya oleh suaminya Pangeran Philip, yang meninggal tahun lalu dalam usia 99 tahun setelah lebih dari 70 tahun di sisinya.

Ketika dia naik takhta, Josef Stalin, Mao Zedong dan Harry Truman masing-masing menjalankan Uni Soviet, China dan Amerika Serikat, sementara Winston Churchill adalah perdana menteri Inggris.

Ratu terus menjalankan tugas resmi hingga usia 90-an, tetapi akhir-akhir ini jarang terlihat setelah menghabiskan malam di rumah sakit Oktober lalu, karena penyakit yang tidak ditentukan dan kemudian diinstruksikan oleh dokter untuk beristirahat.

Pada Hari Minggu, istana merilis video baru Ratu, tersenyum lebar di dekat kotak pengiriman merah yang berisi dokumen resmi pemerintah dan mendiskusikan pesan dari Presiden Biden. Pada Hari Sabtu, Dia difilmkan bertemu dengan kelompok masyarakat setempat dan bercanda dengan para pejabat.

"Saya pikir saya mungkin hanya menaruh pisau di dalamnya. Orang lain bisa melakukan sisanya," ujar Ratu Elizabeth II.