Puan Maharani Sambung Silaturahmu dengan NU, Begini Pesan Kiai Sepuh PWNU
Kunjungan Puan Maharani ke kiai sepuh PWNU (FOTO ISTIMEWA)

Bagikan:

SURABAYA - Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani bersilaturahmi ke kiai sepuh PWNU. Puan yang juga menjabat sebagau Ketua DPR itu juga bertemu dengan masyayih dan pengurus PWNU Jawa Timur.

Puan Maharani Ingin Jaga Silaturahmi

Dalam pertemuan tersebut, Puan ingin terus menjaga silaturahim yang dulu pernah dilakukan oleh proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno dan tokoh-tokoh NU.

"Membangun bangsa Indonesia ini tidak bisa jika tidak dilakukan dengan bergotong royong. Untuk itu, saya datang ke PWNU Jatim ini ingin bersilaturahim dengan para kiai, alim ulama dan para masyayih yang ada di Jatim," ujar Puan di teras Kantor PWNU Jawa Timur, Selasa, 1 Maret.

Dalam kesempatan tersebut sejumlah kiai sepuh NU juga turut hadir, di antaranya adalah Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim KH Agoes Ali Masyuri atau Gus Ali, dan Ketua PWNU Jatim, KH Marzuqi Mustamar.

Kedekatan Bung karno dengan PBNU

Menurut Puan, sejak dulu Bung Karno telah menjalin hubungan kedekatan dengan Rois Akbar PBNU KH Hasyim Asy'ari. Kemudian jalinan kedekatan itu dilanjutkan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang pernah menjabat Ketua Umum PBNU dan Presiden RI keempat.

"Saya sebagai cucu Bung Karno ingin terus melanjutkan kedekatan hubungan itu. Apalagi Jawa Timur terasa sangat spesial, karena Bung Karno lahir dan besar di Jawa Timur, serta dimakamkan di Jawa Timur pula. Sehingga ada semacam kedekatan psikologi bagi saya," ujarnya.

Menurut Puan, menjalin silaturrahmi ini sangat penting dilakukan untuk membangun bangsa dan negara Indonesia. Sebab tidak akan mungkin bisa membangun Indonesia jika tidak ada sinergi dan gotong royong dengan seluruh lapisan masyarakat, termasuk dengan NU.

"Tadi saya dapat wejangan dari Gus Ali. Beliau berpesan kepada saya bahwa inti dari silaturahim adalah gotong royong. Itu sejalan dengan inti Pancasila yaitu gotong royong. Untuk itu, saya ingin terus menjalin membangun kedekatan NU dengan PDI Perjuangan, untuk membangun bangsa dan negara Indonesia," katanya.

Puan Sowan ke Kiai di Jatim

Putri dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ini mengatakan, dirinya memang akan kunjungan kerja ke beberapa daerah di Jatim. Puan pun sowan ke para kiai di Jatim.

Sementara itu, Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar dalam kesempatan itu menyatakan, Indonesia bisa merdeka berkat kerjasama dengan para ulama dan kaum nasionalis. "Maka oleh karena itu, kami ingin menjaga bangsa Indonesia bersama-sama ulama dan kaum nasionalis," katanya.