Aturan Pencairan JHT di Usia 56 Akhirnya Direvisi,Menaker Ida: Insya Allah Segera Selesai
Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziyah. (Foto Dok. Kemnaker)

Bagikan:

SURABAYA - Aturan pencairan JHT di usia 56 tahun sempat menuai polemik. Terbaru, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No.2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) direvisi.

"Kami sedang melakukan revisi Permenaker No.2 Tahun 2022. Insya Allah segera selesai," ucap Ida sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian yang diterima di Jakarta, dilansir Antara, Rabu, 2 Maret.

Aturan Pencairan JHT Terbaru Belum Berlaku

Ia mengatakan bahwa pemerintah menyerap aspirasi dari serikat pekerja/serikat buruh serta secara intens berkomunikasi dengan kementerian/lembaga terkait mengenai revisi peraturan mengenai pembayaran dana JHT.

Selain itu, Ida juga menjelaskan bahwa Permenaker No.2 Tahun 2022 hingga saat ini belum berlaku efektif. Oleh karena itu pembayaran dana JHT masih bisa dilakukan dengan mengacu pada Permenaker No.19 Tahun 2015.

"Perlu saya sampaikan kembali bahwa permenaker lama saat ini masih berlaku dan masih menjadi dasar bagi teman-teman pekerja/buruh untuk melakukan klaim JHT. Tidak terkecuali bagi yang ter-PHK maupun mengundurkan diri, tetap dapat klaim JHT sebelum usia pensiun," katanya.

Pekerja Bisa Manfaatkan Program JHT dan JKP

Dia menjelaskan pula bahwa pemerintah sudah menjalankan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), yang memberikan bantuan berupa uang tunai serta akses informasi pekerjaan dan pelatihan kerja kepada pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja.

Dengan demikian, Ida melanjutkan, para pekerja bisa mendapat manfaat dari dua program jaminan sosial ketenagakerjaan, yakni Program JHT dan JKP.

"Pekerja ter-PHK sudah ada yang mengklaim dan mendapatkan uang tunai dari program JKP," katanya.

Sekedar informasi, program JHT sempat menjadi polemik setelah Menaker Ida menerbitkan Permenaker Nomor 2 Tahun 2022. Dalam beleid ini waktu pencairan JHT sudah ditentukan.

Di mana dalam Pasal 3 Permenaker Nomor 2 Tahun 2022, manfaat JHT baru bisa didapat pekerja yang jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan saat usia mereka sudah mencapai 56 tahun.

Manfaat JHT

Manfaat JHT bagi Peserta yang mencapai usia 56 tahun itu termasuk pekerja yang berhenti bekerja baik karena mengundurkan diri, terkena PHK maupun yang meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya.

Pencairan itu beda jauh jika dibandingkan dengan aturan lama. Pasalnya, dalam aturan lama, Permenaker 19 Tahun 2015, batas usia pensiun pekerja yang bisa mencairkan JHT tidak diatur.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menaker Ida Bawa Kabar Baik, Aturan Pencairan JHT di Usai 56 Tahun Dibatalkan.