Polres Pasaman Bangun Fasilitas Kebersihan untuk Korban Gempa
Fasilitas Kebersihan untuk korban gempa di Pasaman/Foto: Antara

Bagikan:

PADANG - Polres Pasaman bersama Satuan Brimob Daerah Polda Sumbar membangun sarana mandi, cuci dan kakus untuk membantu warga yang hidup di tenda darurat akibat gempa bumi dengan magnitudo 6,1.

Kapolres Pasaman AKBP Fahmi Reza mengatakan ada dua unit sarana kebersihan yang dibangun yakni di SDN 20 Malampah dan Siparayo Malampah.

Kedua sarana kebersihan itu diperuntukkan bagi pengungsi di Nagari Malampah, Kabupaten Pasaman.

"Pembangunan sarana kebersihan ini merupakan salah satu layanan penting dalam penanganan pengungsi," kata dia di Padang, Selasa 8 Maret.

Ia mengatakan air bersih beserta sarana lainnya sangat penting untuk masyarakat yang mengungsi dalam menjaga kebersihan dan kesehatannya.

"Kesehatan dan kebersihan para pengungsi terdampak gempa ini sangat diperlukan, untuk menghindari serangan penyakit," ungkapnya dikutip Antara.

Sarana kebersihan darurat tersebut masing-masing tersedia empat kamar mandi untuk pria dan wanita, empat toilet laki dan wanita serta satu tempat mencuci.

Selain itu, Polres Pasaman juga membantu menyediakan serta menyalurkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mengungsi.

"Bantuan diberikan melalui dua unit mobil tangki air yang didistribusikan ke lokasi-lokasi pengungsian," kata dia.