Roy Suryo Pastikan Video Megawati yang Sindir Ibu-Ibu Asli
Megawati Soekarnoputri/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyindir ibu-ibu dengan memberikan respons terkait kelangkaan dan melambungnya harga minyak goreng dalam sebuah video.

Megawati meminta para ibu tidak hanya bisa menggoreng tapi juga ada alternatif lain dalam memasak yaitu merebus. Pernyataan ini pun membuat warganet heboh.

Pakar Telematika, Roy Suryo mengonfirmasi mengenai keaslian video tersebut. Roy Suryo juga memastikan bahwa video tersebut adalah asli.

"Video ini memang benar 100%," ujar Roy Suryo melalui akun Twitter pribadinya @KRMTRoySuryo2 pada Jumat 18 Maret.

Twit Roy Suryo soal keaslian video Megawati

"Lagi2 harus saya jelaskan, dipotong ok, asal di depan / belakang, bukan "in-between-cut", diinsert/dubbing. Video ini asli-nya 1jam 45menit, Statemen tersebut di menit ke-5 sampai dengan ke-40 saat Webinar "Cegah Stunting utk Gen Emas Indonesia" Kamis (17/3/22)," katanya.

Sebelumnya, video Megawati menjadi trending usai dirinya menyoroti ibu-ibu yang mengantre demi minyak goreng.

"Bukan masalah mahalnya beli minyak goreng. Saya itu sampai mikir, jadi tiap hari ibu-ibu itu apakah hanya menggoreng? Sampai begitu rebutannya?" kata Megawati dalam sebuah webinar, Jumat 18 Maret.

"Sampai kalau sekarang kita liat toh hebohnya urusan beli minyak goreng. Saya itu sampai ngelus dada," ucapnya.

Dalam video tersebut, Megawati mengajak ibu-ibu di Indonesia untuk mengolah dan memasak makanan dengan cara lain selain menggoreng yang tidak banyak menggunakan minyak goreng.

"Apa tidak ada cara merebus atau mengkukus atau seperti rujak?," ujarnya.

Menurutnya mengolah makanan yang direbus lebih menyehatkan dan menjadi ciri khas masyarakat Indonesia dalam memasak.

“Itu menu Indonesia lho. Lhah kok jelimet gitu,” ujar Presiden RI ke-5 tersebut.

Usai pernyataan tersebut, kata Bu Mega dan menggoreng sontak menjadi bahan perbicangan di media sosial Twitter. Bahkan keduanya sempat menjadi trending di media sosial Twitter.