Muhammadiyah Bengkulu: 1 Ramadan Jatuh pada 2 April
Ketua Muhammadiyah Bengkulu, Syaifullah

Bagikan:

BENGKULU - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) menyebutkan 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada 02 April 2022 dan seluruh umat Muhammadiyah akan berpuasa pada hari tersebut.

Ketua Muhammadiyah Bengkulu, Syaifullah di Bengkulu, Kamis, 31 Maret mengatakan bahwa penentuan tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang di pedomani Majelis Tarjih dan Tajdid.

"Oleh karena itu Muhammadiyah telah menentukan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada 02 April nanti," kata Syaifullah dilansir Antara.

Sebab pada Jumat 01 April, Ijtimak jelang Ramadan terjadi sekitar pukul 13.27 WIB dan tinggi bulan pada saat terbenam di Yogyakarta hilal telah terlihat, begitu juga di seluruh wilayah Indonesia, pada saat matahari terbenam, bulan berada di atas ufuk sehingga Ramadhan ditetapkan pada 02 April.

Kemudian untuk penetapan satu Syawal, Muhammadiyah telah menetapkan hari Raya Idulfitri jatuh pada 02 Mei.

Lanjut Syaifullah, pada 29 Ramadan 1443 Hijriah atau 30 April, Ijtimak jelang Syawal 1443 Hijriah belum terlihat.

Sehingga Ijtimak terlihat pada 01 Mei pada pukul 03.31 WIB dan tinggi bulan pada saat matahari terbenam di Yogyakarta hilal telah terlihat.

Oleh karena itu, ia meminta kepada umat Muhammadiyah agar dapat hal tersebut sebagai panduan dan dapat dilaksanakan sebagai semestinya.*