Berita Unair Terbaru: Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga  Masuk Peringkat 400 Besar Dunia
Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Prof. Budi Santoso di tengah (ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Kabar membanggakan datang dari Universitas Airlangga. Pasalnya, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berhasil duduk di peringkat 401-450 dunia versi "Quacquarelli Symonds World University Rankings" by Subject 2022.

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Naik

Dekan FK Unair Prof. Budi Santoso di Surabaya, Jawa Timur menjelaskan bahwa tahun lalu FK Unair ada di posisi antara 551-600 dunia.

"Alhamdulillah, FK Unair mendapatkan sebuah peningkatan ranking yang luar biasa. Loncatan 100 poin lebih peringkat kami tentunya kami bersyukur dan senang. Tetapi ini sekaligus menjadi tantangan bagaimana ke depan di global ranking bisa naik lagi," kata Prof Budi dikutip dari ANTARA, Sabtu, 9 April.

Kenaikan Kancah Indonesia

Tak hanya peringkat FK Unair yang melesat di kancah dunia, posisi fakultas tersebut di Indonesia juga mengalami kenaikan. Ia mengatakan, tahun lalu yang berada di posisi keempat di Indonesia menjadi urutan kedua di bawah FK Universitas Indonesia dan menggeser FK Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sebelumnya di peringkat dua.

Capaian tersebut, kata dia, tidak lepas dari beberapa indikator yang telah dipenuhi FK Unair, seperti H-index Citations, Citation per Paper, Academic Reputation, Employer Reputation, daya tampung SBMPTN 2022, dan peminat FK Unair 2021.

"Yang dinilai terkait tiga hal, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kami juga meningkatkan jurnal-jurnal di FK Unair dari sisi kualitas dengan melakukan bimbingan terus kepada dosen dan mahasiswa," ucapnya.

"Para pengelola juga diadakan pelatihan khusus agar jurnal kualitasnya semakin baik," kata dia menambahkan.

Konsep Entrepreneurship Unair

Tak hanya itu, dalam proses pembelajaran, FK Unair juga mengusung konsep entrepreneurship untuk memperluas kompetensi lulusannya.

"Kurikulum di FK Unair berkaitan dengan entrepreneurship karena tidak selalu berkonotasi dengan bisnis. Kami ajarkan mahasiswa bagaimana menuangkan ide dan tindakan kreatif terhadap sebuah peluang," tuturnya

"Karena peluang itu harus diciptakan dan diubah sebagai tantangan untuk menjadi ide kreatif, serta tindakan-tindakan yang membawa pengaruh cukup besar," kata Prof. Budi menambahkan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bikin Bangga, Fakultas Kedokteran Unair Masuk Peringkat 400 Besar Dunia.

Selain terkait Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.