Sampah Hasil Demo 11 April Setara dengan Dua Truk Sampah, DLH Jakarta: Kebanyakan Sampah Plastik
Sampah Hasil Demo 11 April (Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Sampah hasil demo 11 April di Kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat ternyata menarik untuk dibahas.

Sampah Hasil Demo 11 April

Petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta berhasil mengumpulkan 13 meter kubik sampah. Jumlah tersebut setara dengan sekitar 4,59 ton sampah.

"Kebanyakan sampah plastik," jelas Humas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Yogi Ikhwan di Jakarta, Selasa 12 April dinukil dari Antara.

Jumlah Sampah Lebih Sedikit

Sampah yang dikumpulkan jumlahnya setara dengan dua truk sampah. Namun jumlah tersebut lebih sedikit dibanding unjuk rasa yang lain. Ia menduga hal itu dikarenakan demo mahasiswa tersebut digelar saat bulan Ramadan 1443 Hijriah

Apabila dibandingkan ketika unjuk rasa Undang-Undang Cipta Kerja pada Selasa 13 April tahun lalu, jumlah sampah yang dikumpulkan sebanyak 17,5 ton atau setara 47 meter kubik (m3).

"Bertepatan bulan puasa juga, kalau biasanya sisa-sisa nasi kotak," katanya.

Penanganan Sampah

Dia mengatakan, penanganan sampah dilaksanakan oleh ratusan pasukan Oranye dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Lokasinya di Patung Kuda hingga Jalan Medan Merdeka Selatan di kawasan Monas dan di DPR/MPR/DPD RI.

Para petugas kebersihan menyisir sejumlah titik di dua lokasi unjuk rasa sejumlah elemen masyarakat itu. Itu dilakukan setelah massa bubar.

Kendaraan Penyapu Otomatis Dikerahkan

Mereka membawa kantong untuk memungut sampah dan menyapu jalanan agar jalan raya kembali bersih setelah aksi unjuk rasa.

Sejumlah truk sampah dikerahkan termasuk kendaraan penyapu otomatis.

Para petugas bekerja hingga malam hari meski Jakarta pada Senin (11/4) sore hingga malam diguyur hujan lebat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Berapa Banyak Sampah Hasil Demo 11 April yang Berhasil Dikumpulkan dari Monas dan Senayan?

Selain terkait sampah hasil demo 11 April, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.