Cek Keamanan Rel Kereta Api Daop 9 Biar Aman Layani Pemudik
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Jember bersama TNI/Polri, Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja mengecek sarana dan prasarana perkeretaapian menjelang masa angkutan Lebaran 2022 yang ditetapkan pada H-10 hingga H+10 Lebaran 2022.

"Hari ini kami bersama-sama TNI/Polri, Dishub dan Jasa Raharja melaksanakan pemeriksaan lintas dari Stasiun Jember hingga Stasiun Tanggul untuk memastikan jalur kereta sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan yang telah ditentukan," kata Vice President Daop 9 Jember Broer Rizal di sela-sela kegiatan pemeriksaan di Jember, Kamis 14 April dikutip dari Antara.

PT KAI akan terus melakukan upaya dalam rangka mewujudkan angkutan kereta api yang selamat, aman, nyaman dan sehat yang salah satunya melalui keandalan sarana dan prasarana perkeretaapian.

"Sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) Tahun 2021, dukungan sarana di Daop 9 Jember terdiri dari 8 Lokomotif dan 45 kereta penumpang, sedangkan prasarana (jalur KA) mulai dari Stasiun Bangil hingga Stasiun Ketapang sepanjang 262.465 kilometer," tuturnya.

KAI Daop 9 Jember, lanjut dia, tetap melakukan perawatan dan pemeriksaan sarana dan prasarana perkeretaapian secara rutin karena petugas telah melakukan pemeriksaan jalur KA mulai dari Stasiun Jember hingga Stasiun Bangil Pasuruan, kemudian akan dilanjutkan sampai dengan Stasiun Ketapang Banyuwangi.

"Dalam pemeriksaan lintas itu, kami meyakinkan bahwa kondisi jalur benar-benar baik, lebar jalur, kondisi bantalan dan jembatan, perlintasan sebidang serta penempatan Angkutan Material Untuk Siaga (AMUS)," katanya.

Selama pemeriksaan, selain cek kondisi jalur dan jembatan juga dilakukan pemantau kanan dan kiri rel terhadap kemungkinan-kemungkinan adanya pepohonan yang tumbang ke arah jalur KA.

"Jika ada pohon yang rawan tumbang ke jalur kereta, maka kami akan perintahkan satuan tugas yang ada di lapangan untuk segera melakukan penebangan agar tidak mengganggu perjalanan KA," ujarnya.

Untuk menyukseskan Angkutan Lebaran selama pandemi, lanjut dia, pihaknya tetap menjamin keandalan seluruh sarana dan prasarana perkeretaapian di Daop 9 Jember yang siap mengantarkan para penumpang dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat karena safety adalah harga mati.