800 Calon Jemaah Haji Asal Bengkulu Diperkirakan Berangkat Tahun Ini
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

BENGKULU - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu memperkirakan sebanyak 800 calon jemaah haji dari Provinsi Bengkulu akan berangkat ke Arab Saudi pada tahun ini.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Provinsi Bengkulu, Intihan di Bengkulu, Senin, 18 April mengatakan bahwa kuota tersebut merupakan perkiraan pihaknya sebab Pemerintah Arab Saudi hanya memberikan kuota sebanyak 1 juta jamaah untuk melaksanakan ibadah haji pada tahun ini.

"Prediksi sementara untuk jemaah Indonesia sepertinya akan diberi kuota jamaah di bawah 50 persen dari total jemaah yang seharusnya berangkat," kata Intihan dilansir Antara.

Sebab, total calon jamaah haji yang tertunda sejak 2020 mencapai 1.636 orang sehingga jika hanya 50 persen jemaah yang berangkat maka pada tahun ini ada 800 orang yang berangkat ke Arab Saudi.

Namun, untuk kepastian jumlah kuota yang akan diberikan kepada Indonesia, hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi.

Pada keberangkatan haji tahun ini, sesuai dengan syarat dari Pemerintah Arab Saudi, jamaah yang berusia di atas 65 tahun tidak diperbolehkan untuk berangkat.

"Syarat tersebut cukup membuat pemerintah kesulitan, sebab rata-rata masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah haji merupakan orang tua yang telah memiliki usia," ujarnya.

Selain itu, terkait pembiayaan keberangkatan haji sesuai dengan keputusan Kementerian Agama dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sebesar Rp39 juta.

Namun ,para calon jamaah haji yang akan berangkat pada tahun ini cukup membayar sebesar Rp31,4 juta sebab pemerintah menutupi dana tersebut menggunakan dana pemanfaatan.