Arus Mudik 2022: Diprediksi Ada 268.140 Kendaraan Tinggalkan Surabaya
Prediksi arus mudik 2022 (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Menjelang arus mudik 2022, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Representative Office 3 Transjawa Tollroad Regional Division (RO3 JTTRD) selaku pengelola Jalan Tol Surabaya-Gempol memperkirakan akan ada 268.140 kendaraan yang bakal meninggalkan kota Surabaya, Jawa Timur.

Prediksi Arus Mudik 2022

General Manager RO 3 JTTRD, Hendri Taufik menjelaskan bahwa prediksi tersebut terjadi pada periode H-7 hingga Hari H2 Lebaran 2020 atau tepatnya pada tanggal 25 April 2022 sampai 2 Mei 2022.

Prediksi tersebut didasarkan pada aktivitas kepadatan tol di tiga jalur utama, yaitu Gerbang Tol (GT) Kejapanan Utama, GT Sidoarjo dan GT Waru.

"Kami saat ini terus mematangkan strategi untuk memberikan pelayanan optimal kepada para pemudik saat libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H," kata Hendri dikutip Antara, Selasa, 19 April.

Prediksi Puncak Arus Mudik

Ia menjelaskan bahwa untuk prediksi puncak arus mudik melalui tol dari Jawa Timur terjadi pada 29 April 2022 atau H-3 Lebaran, sedangkan arus balik diprediksi sebanyak 282.500 kendaraan akan kembali ke Surabaya, dengan puncak arus balik pada 8 Mei 2022 atau H+5 Lebaran.

"Hingga kini kami terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar tercipta mudik yang aman dan sehat, mengingat lalu lintas di Jalan Tol Surabaya-Gempol tidak hanya lalu lintas pemudik dari luar kota tetapi juga lalu lintas dari dalam kota," katanya.

Rekayasa Lalu Lintas

Jasa Marga juga telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas atas diskresi kepolisian di Surabaya-Gempol, untuk antisipasi kepadatan kendaraan, yaitu dengan menempatkan petugas di titik-titik lokasi tersebut.

Rekayasa lalu lintas atas diskresi kepolisian, kata dia, dilakukan saat terjadi kepadatan pada gerbang-gerbang tol utama di Jalan Tol Surabaya-Gempol, seperti GT Kejapanan Utama, Waru Utama dan Sidoarjo 2.

"Oleh karena itu, kami mengimbau pengguna jalan untuk keluar sebelum gerbang-gerbang utama, agar tidak terjebak antrean di gerbang tol," katanya.