Tokoh Ulama Bangkalan KH Fahrillah Meninggal Dunia
Suasana saat jamaah saat mengantar janazah KH Fahrillah bin Abdullah Schal di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2022). (Kominfo Bangkalan)

Bagikan:

BANGKALAN - KH Fahrillah bin Abdullah Schal, tokoh ulama Kabupaten Bangkalan di Pulau Madura, Jawa Timur, meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Surabaya, akibat penyakit jantung yang diderita.

"Selaku keluarga kami memohon doa semoga almarhum husnul khotimah," ujar anggota Komisi VIII DPR yang juga kerabat almarhum Hasani Zubair dikutip Antara, Sabtu, 14 Mei.

KH Fahrillah merupakan generasi keempat ulama Bangkalan Staikhona Kholil bin Abd Latif dan merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Moh Kholil Bangkalan.

Almarhum juga merupakan Ketua Jamaah Shalawat Fakhers Mania, dan pencetus Bangkalan sebagai Kota Zikir dan Shalawat.

Jenazah almarhum dikebumikan di pemakaman keluarga di Pesarean Syaikhona Kholil di Kelurahan Martajesah, Kecamatan Kota Bangkalan.

Ribuan orang dari kalangan santri pondok pesantren, kerabat dan handai taulan mengantar jenazah almarhum.

Sejumlah pejabat terlihat di rumah duka di Pondok Pesantren Syaichona Moh Kholil, Kelurahan Demangan, Bangkalan dan turut menshalatkan jenazah almarhum.

Di antaranya Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron, Ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad, Kapolres AKBP Alith Alarino, Dandim 0829 Bangkalan Letkol Inf Syarifudin Liwang, Wakil Bupati Moh Mohni, dan dua anggota DPR RI, yakni Imron Amin dan Syafiuddin Asmoro, serta puluhan ulama setempat.

"Ra Fahri merupakan sosok panutan, sederhana dan teladan bagi kita semua. Semoga mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT," ujar Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron.