1.154 Personel TNI-Polri Siap Diterjunkan Amankan Pilkades Serentak di Sidoarjo
Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro/DOK Humas Polresta Sidoarjo

Bagikan:

SURABAYA - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 84 desa di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, akan digelar pada 19 Juni. Ribuan personel gabung TNI-Polri diterjunkan dalam pengamanan.

"Total ada 1.154 personel gabungan TNI-Polri siap diterjunkan pada pelaksanaan Pilkades serentak itu, untuk mengamankan dan mewujudkan kondusifitas kamtibmas," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro dalam kegiatan Cangkrukan Kamtibmas jelang Pilkades di Sidoarjo, Rabu, 25 Mei.

Wahyu mengatakan, soliditas sinergitas TNI-Polri diturunkan langsung untuk mengamankan jalannya Pilkades, mulai dilakukan pergeseran pasukan ke desa-desa. Selain itu juga untuk netralitas TNI-Polri yang tidak memihak golongan mana pun.

"Fokus kami adalah menjamin kelancaran dan keamanan Pilkades, begitu pula bila ada pihak lain atau masyarakat yang mengetahui terjadinya pelanggara dalam Pilkades silakan laporkan kepada kami agar dapat ditindak tegas," katanya.

Sedangkan Komandan Denpom Lanudal Juanda Letkol Laut (PM) Achmad Junaidi menjamin netralitas TNI-Polri dalam Pilkades.

"Kami tidak memihak mana pun, wilayah Sidoarjo harus aman dan kondusif," ujarnya.

Sementara Danlanud Muljono Kolonel Pnb Moh. Apon, menyatakan kesiapan TNI dalam membantu penuh pengamanan Pilkades.

"Mari laksanakan Pilkades ini sebagai ajang kontestasi yang sehat dan damai, jangan sampai ada pihak yang mengganggu keamanan dan kondusifitas wilayah kita. Karena TNI-Polri siap total mengamankan Pilkades," ujarnya.