Pilpres 2024: Tak Punya Kader dari Internal, NasDem Akan Cari Figur di Eksternal Partai
Politikus Partai NasDem, Bestari Barus

Bagikan:

SURABAYA - Terkait Pilpres 2024, politikus Partai NasDem, Bestari Barus mengatakan bahwa pihaknya tak akan mengusung calon presiden dalam Pilpres 2024 dari kadernya sendiri. Oleh karena itu mereka akan mencari sosok di eksternal partai.

"NasDem, pada Pemilu 2024, tidak mengajukan calon dari internal untuk pilpres 2024," jelas Bestari kepada wartawan, Senin, 6 Juni.

NasDem di Pilpres 2024

Mantan Anggota DPRD DKI Jakarta itu juga mengatakan bahwa belum partainya tak memiliki sosok yang dianggap mumpuni untuk maaju dalam kontestasi politik dua tahun mendatang.

"Sirkulasi kekuasaan bukan concern semata tetepi menempatkan orang terbaik mumpuni yang bekerja sama mampu melaksanakan kesinambungan pembangunan mampu melakukan perubahan lebih baik. Maka kita tidak ragu untuk mencalonkan nanti dari hasil rakernas itu dari luar kader, kader dari luar," ungkap Bestari.

Sosok Potensial

Setelahnya, NasDem baru mantap akan mengusung capres dari internal partainya sendiri pada Pemilu 2029 mendatang. Namun, Bestari enggan membeberkan apakah tokoh yang bakal diusung pada Pemilu 2029 telah menjadi kader atau belum.

"Yang mengisi figur itu kan harus diperkenalkan dan memperkenalkan figur itu tidak bisa satu dua bulan. Maka, dibutuhkan satu periodeisasi lagi. Nasdem dapat mencalonkan internalnya sebagai capres atau cawapres," ujarnya.

Temui Tokoh Politik

Sementara itu, dalam beberapa waktu terakhir, Ketua Umum NasDem Surya Paloh melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh politik, di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Beberapa bulan lalu, Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengaku pihaknya masih melakukan penggodokan dan pengamatan nama-nama calon presiden untuk diusung pada 2024 mendatang.

“Sampai saat ini dalam penggodokan dan sedang diamati terus oleh tim Bappilu. Insyaallah nanti dalam beberapa waktu yang akan datang, kita akan jelaskan siapa yang akan menjadi calon presiden dari Partai NasDem,” ucap Paloh.