Peralihan Warna Dasar Pelat Nomor Kendaraan, Korlantas: Juni Dilelang, Nanti Kita Lihat Mobil di Jakarta Pakai Pelat Putih
Ilustrasi-(Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan peralihan warna dasar pelat nomor kendaraan dari hitam ke putih sudah memasuki tahap akhir. Sehingga, pada Juni ini kendaraan di Jakarta sudah bisa menggunakan pelat baru.

"Jadi bulan Juni Insyaallah saya lelang, nanti kita bisa lihat mobil baru di Jakarta sudah mulai pakai waran putih," ujar Firman kepada wartawan, Senin, 13 Juni.

Dalam proses peralihan, kendaraan yang diutamakan adalah kendaraan yang sudah habis pajak lima tahunannya.

Alasan memprioritaskan kendaraan itu agar proses administrasi pergantian pelat nomor lebih mudah. Kemudian, tak membebani masyarakat untuk cepat mengganti pelat nomor kendaraannya.

"Jadi tidak ada membebani masyarakat yang plat hitam harus jadi putih, karena ada biaya disitu," ungkapnya.

Selain itu, perubahan warna dasar pelat kendaraan ini bertujuan agar penindakan secara elektronik lebih maksimal. Sebab, dengan warna dasar hitam yang saat ini, tingkat akurasi kamera ETLE membaca pelat nomor masih dinilai kurang.

"Membantu memaksimalkan capture dari ETLE. Jadi dengan dasar warna terang dengan huruf warna gelap itu lebih menonjol," kata Firman.