Kunjungi Makam Eril Jam 2 Siang, Ridwan Kamil Payungi Habib Luthfi bin Yahya
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Habib Luthfi ziarah ke Eril. (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menemani Habib Muhammad Luthfi bin Yahya mengunjungi Islamic Center Baitul Ridwan di Cimaung, Bandung, Jawa Barat. Keduanya ziarah ke makam Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Saat memasuki kawasan makam, Ridwan Kamil terlihat berada persis di belakang anggota Dewan Pertimbangan Presiden tersebut. Ridwan Kamil memayungi kepala Habib Luthfi agar tidak tersengat cahaya matahari yang santer siang itu.

Di atas kursi lipat keduanya lantas duduk. Tangan mereka menengadah tanda doa dipanjatkan. Pandangan mereka tertuju ke makam Eril. Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil, juga ikut ambil bagian berdoa.

Hal itu diketahui lewat postingan terbaru Ridwan Kamil. Ridwan Kamil juga menyertakan video melengkapi unggahannya tersebut di Twitter.

"Alhamdulillah makam Alm Ananda Eril, kemarin diziarahi dan didoakan oleh Habib Muhammad Lutfi bin Yahya," tulis Ridwan Kamil dalam akun Twitternya, @ridwankamil, Senin 20 Juni.

Ridwan Kamil juga menyampaikan terima kasih atas kesediaan Habib Lutfi dan masyarakat ziarah ke makam putra pertamanya itu.

"Terima kasih juga kepada semua yang berkenan datang mendoakan. Jazakallah," ujarnya.

Seperti diketahui, Habib Lutfi ditemani Ridwan Kamil dan istrinya berziarah ke makam Eril yang berada dalam Islamic Center Baitul Ridwan pada Minggu 19 Juni kemarin.

Mereka datang ke malam sekitar pukul 14.00 WIB. Sejumlah masyarakat juga berada di lokasi untuk berziarah.

Berdasarkan laman resmi Pemprov Jabar, Habib Luthfi membacakan tahlil, dan salawat untuk Eril yang diikuti masyarakat yang ikut berziarah. Seketika lokasi pemakaman Eril sore itu menjadi syahdu.

Selepas mendoakan Eril, Habib Luthfi juga menanyakan soal masjid yang akan dibangun Kang Emil di Islamic Center Baitul Ridwan sebagai dedikasi untuk Eril.

Ridwan Kamil diketahui akan membangun masjid di kawasan dekat lokasi pemakaman Eril. Memakai desain bangunan bikinannya sendiri, Ridwan Kamil mengumumkan nama masjid itu, Masjid Al Mumtadz, ketika Eril dikebumikan pada Senin, 13 Juni.

Dalam bahasa Arab, Al Mumtadz memiliki arti "terbaik". Pengambilan nama masjid ini menyerupai nama belakang anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.