Tiga Tahun Tidak Dihuni, Rumah Mewah di Pasar Rebo Terbakar
Warga Pasar Rebo berusaha memadamkan api yang melumat rumah mewah tak berpenghuni/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Kobaran api mengamuk di rumah permanen tak berpenghuni di Jalan Dana Prasetya, RT 10/RW 08, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin, 1 Agustus, sore menjelang malam.

Api mulai membesar pada pukul 18.00 WIB dengan disusul asap hitam yang mengepul ke udara. Nampak jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur sudah tiba di lokasi guna memadamkan api.

Sementara itu, warga terlihat bergotong royong memadamkan api dengan menggunakan ember berisi air. Mereka menyiram air ke titik api bersama-sama.

Terlihat material bangunan di ruang kecil rumah besar itu terbakar, bahkan bagian atap juga rubuh akibat dilalap si jago merah.

Warga setempat, Toble (35) mengatakan, api tiba-tiba muncul dalam wujud besar lalu membakar rumah itu. Kata dia, rumah tersebut kosong tak berpenghuni. Di dalamnya ada benda mudah terbakar seperti sofa.

"Warga tahu pas api udah besar aja. Di dalam ada sofa kayak gitu, mudah terbakar," ujar Toble kepada wartawan, Senin, 1 Agustus.

Dia mengatakan, rumah tersebut sudah kosong sejak tiga tahun lalu.

"Itu rumah udah kosong sejak tiga tahun lalu, niatnya pengen dijual," ucapnya.

Toble menduga kebakaran terjadi karena adanya korsleting listrik.

"Kayaknya gara-gara korsleting listrik, tiba-tiba api besar aja gitu," ujarnya.

Hingga pukul 18.34 WIB, mobil pemadam kebakaran masih terparkir di lokasi. Tampak api sudah padam, namun petugas memastikan kembali dengan melakukan pendinginan.