Kapan Bayi Boleh Makan Ikan? Begini Hasil Penelitian yang Dilakukan
Ilustrasi menu ikan (Olekasandr Pidvalnyi/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Mengonsumsi ikan sangat dianjurkan. Bahkan, dalam parenting dianjurkan pula agar orang tua membiasakan buah hati mengonsumsi ikan sejak dini. Lalu, kapan bayi boleh makan ikan?

Kapan Bayi Boleh Makan Ikan

Ikan mampu membantu meningkatkan tumbuh kembang anak serta membangun kecerdasan anak karena kandungan nutrisi di dalamnya. Wajar banyak pakar gizi menganjurkan orang tua memberikan ikan sebagai menu MPASI, bahkan saat kehamilan sang ibu.

Melansir dari laman Parents, Rabu, 3 Agustus, orang tua juga harus hati-hati sebelum memberikan asupan ikan ke bayi. Mereka harus tahu kapan memberikan menu ikan ke bayi dan jenis ikan apa saja yang boleh diberikan.

Penelitian mengungkapkan bayi usia 0 - 6 bulan sebaiknya diberikan ASI Eksklusif. Dalam artian, bayi sebaiknya diberikan asupan berupa ASI (Air Susu Ibu).

Saat bayi sudah berusia 6 bulan yakni menginjak 7 bulan, inilah saatnya untuk ia diperkenalkan dengan MPASI. Saat diperkenalkan dengan MPASI, ada beragam makanan yang bisa diberikan ke bayi. Salah satu makanan tersebut adalah ikan. 

Memperkenalkan Menu Ikan

Mengutip dari  laman Baby Center, menurut The American Academy of Pediatrics (AAP) bayi usia 6 bulan ke atas sudah bisa diperkenalkan dengan ikan. Dengan catatan, bayi telah diperkenalkan makanan lain seperti sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, daging dan sejenisnya. 

Orang tua juga sangat perlu hati-hati saat memberi ikan ke bayi. Perhatikan ada tidaknya reaksi alergi pada bayi saat diberikan ikan. Beberapa bayi bisa saja mengalami alergi saat diberi sumber protein seperti ikan, telur atau kacang-kacangan.

Waspada iReaksi Alergi

Ketika bayi ada reaksi alergi, segera hentikan pemberian ikan padanya. Konsultasikan segera ke dokter jika alergi yang ditunjukkan parah atau menimbulkan gejala lain selain ruam dan gatal-gatal di kulit. 

Hindari memberi anak konsumsi ikan dengan kadar merkuri tinggi seperti ikan todak, hiu, king mackerel, atau tilefish. Batasi jumlah tuna kalengan hingga 3 hingga 6 ons per minggu. Anda juga harus menunda makan sushi sampai anak Anda lebih besar. Karena banyak bakteri yang dapat muncul pada ikan mentah yang dapat mengganggu pencernaan.