Selain PKB dan Gerindra, Hanura serta Partai Republik akan Daftar Jadi Peserta Pemilu Hari Ini
Kader Hanura meneriakan yel-yel saat kampanye Pilpres 2019. (Antara-Jessica HW)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Gerindra dan PKB dijadwalkan mendaftar sebagai calon peserta Pemilu Serentak 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Senin, 8 Agustus.

Pada hari kedelapan pendaftaran calon peserta Pemilu 2024, Partai Hanura dan satu partai baru juga memerihkan pendaftaran ke KPU hari ini.

Anggota KPU RI August Melasz mengatakan, sebanyak 4 parpol akan menyerahkan dokumen pendaftaran ke Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini.

Dia menjelaskan, dua partai lolos parliamentary threshold (PT), yakni PKB dan Gerindra. Satu parpol tidak lolos PT, yakni Hanura, dan satu partai baru, Partai Republik.

"Pada pukul 11.00 WIB Partai Republik Indonesia, 14.00 WIB Partai Hanura, 15.00 WIB Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)," ujar August Melasz kepada wartawan, Senin, 8 Agustus.

August memastikan, proses pendaftaran yang berlangsung di KPU RI bisa dipantau oleh masyarakat umum. "Melalui live streaming di akun YouTube KPU RI," ujar Melaz.

Diketahui, pendaftaran parpol sebagai bakal calon peserta Pemilu Serentak 2024 sudah berlangsung selama 8 hari, terhitung sejak Senin, 1 Agustus.

Pada hari ini, PKB dan Gerindra mengkonfirmasi bakal menyambangi KPU. Kedua partai tersebut bakal pawai bersama berangkat dari Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, menuju KPU.

Rombongan kader PKB dan Gerindra akan berjalan kaki menuju KPU sambil membawa pataka dan bendera Merah Putih yang diiringi oleh marching band.

"Rencananya 1.000 kader gabungan PKB dan Gerindra dengan uniform masing masing akan berkumpul di depan Masjid Sunda Kelapa," ujar Waketum PKB, Jazilul Fawaid, saat dihubungi, Senin, 8 Agustus.