'Pak Tugiman', Teriakan Mahasiswa Unair yang Bikin Ganjar Tertawa
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Rektor Unair Prof. M. Nasih saat menghadiri penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB)/ANTARA/HO-BS

Bagikan:

SURABAYA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tertawa dipanggil "Tugiman" oleh ribuan mahasiswa baru Universitas Airlangga (Unair) Surabaya saat menghadiri penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

"Pak Tugiman … Tugiman ... Tugiman ...," teriak para mahasiswa sambil bertepuk tangan meriah saat melihat Ganjar memasuki Gedung Airlangga Convention Center.

Ganjar pun hanya tertawa dan melambaikan tangan menyapa para mahasiswa yang memenuhi kursi di lantai dasar maupun di tribun atas.

Tugiman merupakan nama panggilan Ganjar usai videonya bersama dua bocah viral di media sosial TikTok.

Dalam momen ini, Ganjar diundang oleh forum mahasiswa untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa baru bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Selain itu, Ganjar dan Khofifah juga berkesempatan bernyanyi bersama dengan Rektor Unair Prof. M. Nasih, pimpinan kampus serta ribuan mahasiswa.

Dua lagu masing-masing berjudul "Kemesraan" yang dipopulerkan Iwan Fals serta "Ojo Dibandingke" karya Abah Lala dan sedang viral usai dinyanyikan penyanyi cilik asal Banyuwangi, Farel.

Ganjar juga memanggil beberapa mahasiswa untuk berdialog bersama, kemudian memberikan hadiah berupa laptop, ponsel, sepeda, atau buku.

"Iya, saya melihat semangat anak-anak muda ini hebat. Mudah-mudahan kawan-kawan yang sudah tidak mudah masuk ke Unair karena memang saingan sangat ketat, bisa memanfaatkan kampus ini untuk mengembangkan diri menggapai cita-cita," kata dia dilansir ANTARA, Sabtu, 27 Agustus.

Ganjar juga berpesan agar karakter mahasiswa baru itu harus dibentuk untuk mampu berdikari, peduli pada sesama, dan mencintai bangsa serta negaranya.

"Apa pun hasil mereka bisa di sini, itu ada pengorbanan orang tua. Maka, harus hormat betul, minta restu orang tua dan selalu minta doa mereka," katanya.

Sementara itu, Rektor Unair Prof. M. Nasih mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ke kampusnya.

Menurut dia, peristiwa tersebut langka karena beberapa tokoh nasional bisa berkumpul dan memberikan motivasi kepada mahasiswa baru.

"Terima kasih banyak Pak Ganjar dan Bu Khofifah yang sudah berkenan hadir. Di sela waktu beliau-beliau yang sangat sibuk tetapi bisa menyempatkan hadir. Ini luar biasa, jadi kalian mahasiswa baru harus benar-benar memanfaatkan momentum ini untuk belajar dari para tokoh-tokoh nasional," tuturnya.