Tarif Tiket Kapal Penumpang Gresik-Bawean Naik Rp50 Ribu-Rp65 Ribu
ILUSTRASI DOK ANTARA

Bagikan:

GRESIK - Tarif tiket kapal penumpang KM Express Bahari, rute Gresik menuju Pulau Bawean dan sebaliknya naik berkisar Rp50.000 hingga Rp65.000. Kenaikan tarif tiket ini dampak dari naiknya harga bahan bakar minyak (BBM).

"Dengan adanya kenaikan BBM, kondisi dan situasi saat ini, sangatlah tidak memungkinkan untuk memberlakukan kembali dengan tarif yang lama," kata Kepala Cabang Express Bahari Gresik, Revan Syah Putra, Rabu, 7 September.

Revan mengatakan dampak dari kenaikan harga BBM itu tak bisa dihindari, karena komponen BBM cukup berkontribusi besar terhadap biaya operasional kapal. Karenanya kata dia, kenaikan tarif tiket ini disesuaikan dengan biaya operasional KM Express Bahari.

Untuk tarif baru VIP Class naik Rp65.000 menjadi Rp275.000 dari sebelumnya Rp210.000 per penumpang. Sementara tarif Exekutif Class naik Rp50.000 menjadi Rp225.000 dari sebelumnya Rp160.000 per penumpang.

"Perubahan harga tiket ini, kami akan berlakukan per tanggal 7 September 2022 (hari ini)," ujarnya.

Revan mengatakan, pihaknya telah mengirim surat ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik, terkait penyesuaian kenaikan tarif baru kapal tersebut.

"Surat pemberitahuan penyesuaian tarif tiket KM Express Bahari ini, kami sudah kirim ke Dishub Gresik Selasa kemarin," katanya. 

Sebagai informasi, PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur sebagai pemilik kapal cepat KM Express Bahari melayani rute Pulau Bawean - Gresik dan sebaliknya.

Ada dua KM Express Bahari yang beroperasi di Pelabuhan Gresik itu, yakni KM Express Bahari 8E dengan kapasitas 390 penumpang, dan KM Express Bahari 6F berkapasitas 260 penumpang.