Wapres Dorong Komitmen Kolaborasi Penghapusan Kemiskinan
DOK/ Wakil Presiden Ma'ruf Amin. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/ama.

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong komitmen kolaborasi penanggulangan angka kemiskinan semakin solid agar penghapusan angka kemiskinan di Indonesia dapat segera diwujudkan.

“Mari kita jadikan komitmen kolaborasi dan kerja kita semakin solid sehingga penghapusan kemiskinan ekstrem dan penghapusan angka kemiskinan di Indonesia dapat kita wujudkan,” ujar Wapres dalam pesannya secara daring terkait Peringatan Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia dilansir ANTARA, Senin, 17 Oktober.

Wapres mengatakan kemiskinan menjadi tantangan di setiap negara, termasuk di Indonesia. Menurutnya, meskipun kemiskinan menurun pada tahun 2021, angka kemiskinan Indonesia terbilang masih cukup tinggi, termasuk untuk tingkat kemiskinan ekstrem.

Ma’ruf Amin menekankan upaya penanggulangan kemiskinan ekstrem Indonesia telah memiliki landasan hukum sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs, yaitu Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ek

Wapres menyampaikan melalui Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, pemerintah berkomitmen melakukan penguatan kebijakan penanggulangan kemiskinan, antara lain dengan mendorong sinergi dan konvergensi program lintas kementerian dan lembaga berdasarkan lembaga dan sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.