Bersyukur Mukernas MUI <i>Reschedule</i>, Wapres Ma'ruf Sebut Bakal Bertolak Hadiri Pernikahan Kaesang di Solo Jumat Petang
Wapres Ma'ruf Amin beserta Wury Amin bertolak ke Timur Tengah menjalani rangkaian kunker sejak Selasa 1 November 2022. (dok Setwapres)

Bagikan:

SURAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan akan bertolak ke Solo pada Jumat 9 Desember petang. Ma'ruf akan menghadiri pernikahan anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo.

Hal itu dikatakan Ma'ruf di sela-sela sambutannya pada acara pembukaan Mukernas II Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tahun 2022, di Jakarta, Kamis 8 Desember.

Awalnya Wapres menyampaikan dirinya bersyukur waktu penyelenggaraan Mukernas II MUI di-reschedule dari sebelumnya Jumat 9 Desember 2022, menjadi Kamis 8 Desember 2022.

Tempat penyelenggaraan juga diubah dari rencana awal di Lampung, menjadi di Jakarta.

"Saya bersyukur waktunya diubah, kebetulan. Karena besok saya ke pertemuan KPK sedunia, dan sorenya saya ke Solo untuk menghadiri pernikahan anak Presiden," ujar Wapres.

Dia mengatakan, jika Mukernas II MUI dilaksanakan di Lampung hari Jumat, dirinya akan sulit menghadiri agenda lain.

Rangkaian pernikahan Kaesang dengan Erina dimulai dengan prosesi akad di Yogyakarta pada Sabtu 10 Desember. Selanjutnya acara tasyakuran digelar di Solo pada Minggu 11 Desember.

Lebih jauh, pada sambutannya di acara Mukernas MUI Wapres yang juga merupakan Ketua Dewan Pertimbangan MUI menyampaikan dirinya selalu berupaya menghadiri setiap kegiatan MUI sepanjang dirinya mampu.

Bagi Ma'ruf, MUI adalah rumah, sebab dirinya sudah di MUI sejak lama, mulai dari anggota Komisi Fatwa MUI, menjadi Wakil Ketua Komisi Fatwa, Ketua Komisi Fatwa, Wakil Ketua Umum, menjadi Ketua Umum, hingga saat ini menjadi Ketua Dewan Pertimbangan MUI.

"Bagi saya, MUI adalah rumah saya. Kalau masih boleh ada jabatan lagi, saya tidak akan pergi dari MUI," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Wapres kemudian meresmikan pembukaan Mukernas II MUI tahun 2022 yang bertema Mengoptimalkan Khidmat dalam Rangka Meningkatkan Kemashlahatan Umat.