Wapres Ma'ruf Mengaku Zainudin Amali Sudah Pamit Mundur dari Jabatan Menpora
Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan istri Wury Ma’ruf Amin memberikan vitamin A kepada balita di sela kegiatannya meninjau Posyandu SIOLA Matahari/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sudah berpamitan kepada dirinya, berkaitan keinginan untuk mundur dari jabatan menteri.

"Pak Zainudin Amali itu hanya pamit sama saya dan memberi alasannya bahwa dia ingin fokus," ujar Ma'ruf kepada wartawan di sela kegiatan kunjungan kerja di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat.

Zainudin Amali pamit kepada Ma'ruf saat mengantar Wapres Ma'ruf bertolak ke Mamuju di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis, 23 Februari. 

Ma'ruf mengatakan keputusan Zainudin Amali untuk mundur dari Menpora setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) patut diapresiasi. Dia berharap dunia sepak bola nasional ke depan akan semakin baik.

"Saya kira itu bagus saja karena itu dia memilih untuk fokus. Saya kira itu pilihan yang patut diapresiasi sehingga kita harapkan sepak bola ke depan ini akan punya prestasi yang baik," kata Wapres.

Menurut Wapres, Zainudin Amali menyampaikan kepada dirinya bahwa keputusan mundur karena ingin fokus mengurus sepak bola.

"Kalau dia masih menjadi menteri, dia kan harus ke semua cabang olahraga. Tetapi, dia ingin (mundur) karena dia sekarang sudah jadi Wakil Ketua Umum PSSI, dia ingin fokus di masalah sepak bola supaya dia nanti tidak confuse dengan tugasnya. Masa dia sebagai menteri, kemudian dia mengurusi bola (saja). Maka dia akhirnya memilih fokus di bola," ujarnya.

Mengenai kemungkinan adanya reshuffle atau perombakan kabinet bersamaan dengan keputusan mundurnya Amali dari kursi menteri, Wapres mengatakan hal itu merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo.

"Saya kira tidak ada hubungannya dengan reshuffle, beliau (Amali) mundur. Soal reshuffle itu soal Presiden, nanti apakah Presiden mau melakukan itu apa tidak. Tapi, yang jelas, sekarang Menteri Olahraga mundur dan kalau nanti proses administrasi sudah berjalan, apakah presiden akan menunjuk menteri baru atau dijabat oleh siapa, atau kemudian menggunakan kesempatan itu untuk me-reshuffle, itu urusannya Pak Jokowi, Pak Presiden," jelas Wapres Ma'ruf.