Arkeolog China Temukan Toilet Siram Berusia 2.400 Tahun, Salah Satu yang Tertua di Dunia
Ilustrasi bendera China. (Wikimedia Commons/Ecow)

Bagikan:

JAKARTA - Tim arkeolog China berhasil menemukan sisa-sisa salah satu toilet siram tertua yang diketahui di dunia, berusia sekitar 2.400 tahun dengan pipa siram bengkok yang digali musim panas lalu tim peneliti di antara reruntuhan istana kuno di situs arkeologi Yueyang di pusat Kota Xi'an, menurut media pemerintah China.

Digambarkan oleh para peneliti sebagai "benda mewah", toilet itu diperkirakan terletak di dalam istana, dengan pipa yang mengarah ke lubang luar, menurut China Daily.

Liu Rui, seorang peneliti di Institut Arkeologi di Akademi Ilmu Sosial Tiongkok, yang merupakan bagian dari tim penggalian, mengatakan kepada media pemerintah, toilet tersebut kemungkinan besar disediakan untuk pejabat tinggi selama Periode Negara-negara Berperang (475-221 SM) dan kemudian Dinasti Han (206 SM-220 M). Dia menambahkan, para pelayan kemungkinan akan menuangkan air ke dalam mangkuk toilet setiap kali digunakan.

"Toilet siram adalah bukti nyata pentingnya orang Cina kuno melekat pada sanitasi," kata Liu, menambahkan, hanya ada sedikit catatan tentang toilet dalam ruangan di zaman kuno, melansir CNN 22 Februari.

Reruntuhan dari Yueyang, bekas ibu kota Negara Bagian Qin dan kemudian ibu kota pertama Dinasti Han, ditemukan pada 1980-an. Penemuan baru-baru ini adalah bagian dari upaya yang lebih luas untuk memahami dinasti Tiongkok kuno, termasuk bagaimana orang hidup dan bagaimana kota mereka dibangun, kata Institut dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan penemuan tersebut.

Arkeolog sekarang menganalisis sampel tanah yang dikumpulkan dari toilet dengan harapan menemukan apa yang dimakan orang selama waktu itu, menurut China Daily.

Sebelum penemuan di China diumumkan, penemuan toilet siram pertama secara luas dikreditkan ke penggawa Inggris John Harington, yang diduga memasang satu untuk Ratu Elizabeth I pada abad ke-16, meskipun sistem drainase berusia 4.000 tahun yang mungkin telah terhubung dengan toilet ditemukan di barat laut India.