Harun Yahya Divonis 1.075 Tahun, Ini Deretan Vonis Penjara Terlama di Dunia
Harun Yahya. (Sumber: Commons Wikimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Pengadilan Turki memvonis penulis sekaligus kreasionis Islam Adnan Oktar alis Harun Yahya dengan hukuman 1.075 tahun penjara. Pria 64 tahun itu terbukti bersalah atas kejahatan seksual.

Selain seksual, Ia juga divonis atas penipuan dan upaya mematai-matai pemerintah terkait urusan politik dan militer.

Namun, vonis 1.075 tahun penjara yang diterimanya bukanlah yang terlama di dunia. Melansir Independent, sejumlah pelaku kejahatan di dunia menerima hukuman mulai dari 10 ribu tahun hingga 26 kali seumur hidup. Berikut daftarnya.

Andrew Aston

Pecandu kokain ini menerima hukuman terpanjang yang pernah diterima seorang penjahat di pengadilan Inggris. Ya, Andrew divonis dengan hukuman 26 kali seumur hidup oleh Pengadilan Birmingham Crown pada tahun 2002.

Andrew tercatat menyerang dan mencuri dari 26 orang tua dan cacat di rumah mereka. Termasuk pembunuhan George Dale (87) dan Frank Hobley (80). Andrew menerima hukuman dari dua pembunuhan dan 24 dakwaaan perampokan.

Menariknya, Andrew enggan mengakui perbuatannya agar mendapatkan keringanan hukuman. Ia malah ingin menghabiskan waktunya di penjara.

Chamoy Thipyaso

Ini mungkin hukuman terlama di dunia yang disebutkan nominalnya, 141.078 tahun. Ya, angka itu tidak salah. Thipyaso menerima vonis tersebut dari Pengadilan Thailand pada tahun 1989.

Istri perwira senior Angkatan Udara Thailand ini terlibat dalam piramida penipuan yang memakan korban 16.231 orang. Beberapa korbannya adalah keluarga Kerajaan Thailand. 

Namun, ia beruntung. Di tahun itu hukum di Thailand menyebut, berapapun vonis hukuman penjara  yang dijatuhkan pengadilan, hukuman maksimal dalam kasus penipuan adalah 20 tahun.  

Otman el-Gnaoui

Otman terbukti terlibat dan bersalah dalam aksi pemboman di stasiun kereta Kota Madrid, Spanyol pada tahun 2004 lalu. Dalam peristiwa tersebut, 191 orang dinyatakan tewas/

Ia pun dijerat dengan hukuman pembunuhan massal karena terlibat dalam peristiwa berdarah tersebut. Vonisnya adalah 42.924 tahun. Namun, ia beruntung.

Undang-undang Spanyol saat itu membatasi lama maksimal hukuman tahanan dalam penjara adalah 40 tahun. Angka inilah yang akan dijalaninya.

Ilustrasi penjara
Ilustrasi penjara. (Emiliano Bar/Unsplash)

Charles Scott Robinson

Pemerkosa anak-anak Oklahoma, Amerika Serikat Charles Scott Robinson dihukum penjara 30.000 tahun akibat kejahatannya. Rekomendasi semula, juri menginginkannya dihukum 5.000 tahun penjara dalam persidangan tahun 1994.

Namun, Hakim Distrik Dan Owens memilih untuk memastikannya tetap berada di penjara, sekaligus melindungi anak-anak dari aksi serupa, dengan menghukum Charles 30.000 tahuun penjara. 

Enggak cuma itu, untuk meningkatkan jaminan keamanan dan menghindari balas dendam, Charles tidak dapat mengajukan pembebasan bersyarat hingga berumur 108 tahun. 

Darron Bennalford Anderson

Divonis bersalah atas perampokan, penculikan dan pemerkosaan seorang wanita tua pada tahun 1993. Darron semula hanya divonis 2.200 tahun. Ia pun mengajukan banding yang awalnya berjalan baik.

Namun, siapa sangka jika hasil akhir banding malah memperberat hukumannya selama 9.050 tahun, sehingga total vonis hukumannya adala 11.250 tahun. Ini membuatnya masuk dalam catatan Rekor Dunia Guinness untuk lama hukuman hasil banding.

Darron bisa mendapatkan pembebasan bersyarat jika telah menjalani 3/4 masa hukumannya atau sekitar 1 Agustus 9746 mendatang. Mungkinkah itu?

Dudley Wayne Kyzer

Ia mendapat julukan 'Pembunuh Halloween', karena pada Halloween 1976 ia membunuh istrinya yang bernama Diane, mertuanya Eunice Barringer dan seorang mahasiswa bernama Ricky Pyron yang ketika itu ada di rumah Barringer.

Pengadilan Alabama sempat menjatuhkan hukuman mati kepadanya di tahun 1977. Namun Mahkamah Agung AS membatalkan hukuman mati. Ia pun kembali menjalani persidangan

Hasilnya,ia dijatuhi dua kali hukuman seumur hidup atas pembunuhan mertua dan mahasiswa, serta 10.000 tahun untuk pembunuhan sang istri. Upaya pembebasan bersyarat yang diajukannya sudah pernah ditolak sebanyak 10 kali.