Tips Menjalani agar Puasa Lancar dan Tetap Fit
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika bulan Ramadan, setiap umat muslim yang sudah memasuki usia akil baligh diwajibkan menjalani ibadah puasa atau shaum. Tujuannya tidak hanya menahan rasa haus dan lapar saja, tetapi juga untuk mengontrol hawa nafsu.

Meskipun merupakan ibadah wajib, tak jarang sebagian orang merasa lemas ketika menjalankan puasa. Itulah mengapa, coba terapkan tips menjalani puasa sehat agar lancar dan badan tetap fit berikut ini.

1. Tidak Melewatkan Makan Sahur

Tips kuat puasa hingga waktu berbuka tiba, yang pertama adalah mengawalinya dengan makan sahur. Bagaimanapun juga, makan sahur tak boleh dilewatkan karena merupakan cara mendapatkan sumber energi sekaligus nutrisi bagi tubuh.

Apabila menjalani puasa tanpa sahur, badan jadi gampang lemas serta terasa tidak bertenaga, apalagi jika memiliki jadwal padat. Itulah mengapa, usahakan tetap makan sahur agar nutrisi harian tetap terpenuhi. Menurut sunnah Nabi Muhammad SAW, mengakhirkan makan sahur justru lebih baik karena dapat menambah semangat sekaligus membantu menguatkan tubuh.

2. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Tips menjalani puasa agar lancar serta tidak mudah haus, yakni mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup. Manfaat minum air putih saat sahur dan berbuka dalam jumlah cukup tak hanya mengurangi dehidrasi, tetapi juga membantu meningkatkan fokus serta melancarkan pencernaan.

Dalam sehari, minum air putih dianjurkan setidaknya 8 gelas atau sekitar 2-3 liter per hari. Jarang minum air putih menyebabkan gampang terserang sembelit, mudah mengantuk, sering merasa kehausan, migrain, serta gangguan lainnya pada tubuh.

Ketika waktu sahur, hindari pula meminum minuman berkafein dan bergula tinggi secara berlebihan. Sebab minuman tersebut nantinya justru memicu dehidrasi yang membuat mudah haus dan perut terasa begah.

3. Makan Secukupnya saat Sahur dan Berbuka

Menyegerakan berbuka dan mengakhirkan makan sahur merupakan sunnah yang dianjurkan. Meskipun begitu, sebaiknya tidak menyantapnya secara berlebihan. Terutama ketika waktunya berbuka puasa, terlalu kenyang dapat memicu rasa kantuk yang juga menimbulkan rasa malas untuk menjalani ibadah selanjutnya, yakni shalat maghrib dan tarawih.

Oleh karena itu, makan dan minumlah secukupnya. Misalnya 3 butir kurma dan sedikit cemilan, kemudian lanjutkan dengan menyantap hidangan berat sesuai porsi sewajarnya. Jangan lupakan air putih untuk mengganti cairan tubuh setelah hampir seharian berpuasa.

Sedangkan untuk makan sahur, disarankan menyantap hidangan bergizi seimbang agar kuat berpuasa seharian. Tidak perlu berlebihan mengambil lauk dan nasi supaya perut tidak kembung akibat kekenyangan.

Sebagian orang ingin merasa jika makan banyak ketika sahur dapat membantu menahan lapar seharian, padahal justru tidak baik bagi kesehatan. Selain menimbulkan masalah pencernaan, juga dapat memicu kenaikan berat badan.

4. Atur Pola Tidur dengan Baik

Selama bulan Ramadan, umat muslim yang berpuasa disarankan bangun lebih pagi untuk sahur. Oleh karena itu, cobalah mengatur ulang pola tidur malam supaya tidak telat ketika bangun sahur. Terutama bagi orang dewasa, mengatur pola tidur bukanlah hal mudah, apalagi jika sibuk bekerja.

Mengatur pola tidur dengan baik sangat membantu meningkatkan kualitas tidur. Dampaknya pun sangat baik bagi tubuh, yaitu dapat membuat tubuh terasa lebih segar dan tidak gampang mengantuk ketika beraktivitas sehari-hari.

Cara mengatur pola tidur yang baik selama bulan puasa bisa dimulai dengan tidak makan malam terlambat, jadi sebaiknya makanlah sebelum jam 9 malam. Usai shalat tarawih apabila terpaksa melakukan kegiatan lain, usahakan menyisakan waktu untuk tidur maksimal 4 jam sebelum sahur.

Tak jarang ketika siang hari di bulan puasa, mata mudah sekali mengantuk dan pikiran susah fokus, sehingga rasanya ingin sekali bermalas-malasan. Sebenarnya tak ada salahnya meluangkan waktu untuk tidur siang pada saat jam istirahat. Namun sebaiknya tidak terlalu lama, maksimal 1 jam saja agar tak gampang lemas setelah bangun.

5. Lakukan Olahraga Rutin

Siapa bilang saat bulan puasa tidak perlu olahraga karena bisa membuat badan semakin tak bertenaga? Justru tips puasa sehat adalah tak melewatkan waktu untuk berolahraga!

Rutin berolahraga meskipun sedang berpuasa, dapat membuat tubuh tetap fit, terasa lebih berenergi, serta berat badan lebih terkontrol. Cukup lakukan olahraga ringan selama 30 menit sampai 1 jam di sore hari sebelum waktunya berbuka puasa.

Contoh olahraga ringan yang dapat dilakukan sore hari, antara lain sepeda santai, jalan santai, jogging, melatih kaki di treadmill, dan sebagainya. Hindari berolahraga pada siang hari agar tidak dehidrasi.

6. Jangan Bermalas-malasan

Seperti banyak orang bilang, puasa bukan waktunya untuk bermalas-malasan, justru tetap harus produktif! Bermalas-malasan saat puasa selain membuat waktu berbuka terasa lebih lama, juga badan jadi gampang lemas.

Rasa malas biasanya timbul akibat kurangnya waktu tidur, terlambat bangun sahur, terlalu banyak makan, atau bisa jadi karena banyak pikiran. Sehingga rasanya tak ingin melakukan sesuatu apapun seharian, padahal justru ini tidak baik bagi tubuh maupun pikiran.

Cara agar tidak malas-malasan ketika puasa, cobalah membenahi pola tidur, selalu menyempatkan makan sahur, dan mengerjakan sesuatu yang mampu mengalihkan pikiran guna menghalau rasa malas.

Selain itu, cobalah mengumpulkan niat sekaligus semangat untuk menjalani hari, kemudian kerjakanlah tugas tertentu berdasarkan skala prioritas. Memulai hari dengan semangat dan pikiran positif sangat ampuh mengurangi rasa malas selama puasa.

7. Imbangi Berbuka dengan Makanan Bernutrisi

Tips puasa agar tidak lemas adalah memperhatikan komposisi hidangan sahur maupun berbuka. Imbangilah nutrisi dalam setiap sajian, sehingga pastikan terdapat cukup asupan karbohidrat, protein, vitamin, serta nutrisi lainnya.

Makanan bernutrisi tidak perlu yang mewah ataupun merepotkan, sebab masakan sederhana pun bisa jadi bernutrisi. Contohnya sayur bening, sop ayam, tumisan, nasi goreng telur, olahan ayam, maupun olahan sayuran dan protein lainnya.

Perbanyaklah asupan protein, sebab otot tubuh biasanya menyusut akibat kurangnya kalori selama berpuasa. Mengkonsumsi protein selama puasa dapat mencegah terjadinya penyusutan otot.

8. Usahakan Menghindari Makanan Tidak Sehat

Tips menjalani puasa sehat dan tetap fit, sebisa mungkin usahakan mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat. Contohnya seperti gorengan, berminyak, makanan instan, fast food, maupun yang mengandung gula tinggi.

Terlalu sering menyantap sajian tidak sehat bukan hanya mengganggu kesehatan, tetapi juga menurunkan kinerja otak, mudah mengantuk, susah fokus, sulit menahan lapar, mudah merasa haus, bahkan memicu obesitas. Sehingga, sangat disarankan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi demi memenuhi kecukupan nutrisi tubuh selama berpuasa.

Terutama ketika sahur, usahakan tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman bergula tinggi. Sebab gula yang tinggi menyebabkan susah fokus dan mudah merasa haus.

9. Konsumsi Suplemen

Apabila perlu, pertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen demi mendukung daya tahan tubuh, seperti vitamin kemasan, penambah darah, maupun minyak ikan. Meskipun begitu, tidak disarankan mengkonsumsinya secara berlebihan agar tak mengganggu kesehatan, terutama ginjal. Khususnya jika memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu terkait konsumsi suplemen.

Sebagai pengganti suplemen yang paling aman, bisa juga mengkonsumsi buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan vitamin. Hampir semua buah-buahan yang bagus bagi kesehatan, antara lain jeruk, apel, buah naga, alpukat, melon, dan sebagainya.

10. Berpikir Positif dan Lakukan Aktivitas Menyenangkan

Bagaimanapun juga, cara menjalani puasa agar lancar dan badan tetap fit adalah dengan menjalani hari secara produktif dan menyenangkan. Tidak harus dengan bekerja atau belajar, cobalah melakukan kegiatan positif lainnya sembari mengisi waktu luang, misalnya berjualan takjil, mempersiapkan hidangan berbuka, membagikan takjil gratis ke masyarakat sekitar, mengaji, maupun aktivitas lainnya yang menyenangkan.

Terutama bagi pelajar dan pekerja yang mudah bosan saat hari libur, manfaatkanlah waktu luang secara produktif dengan diisi hal-hal menyenangkan. Utamakan pikiran positif agar tetap semangat menjalani hari sambil menunggu buka puasa.

Itulah tips menjalani puasa agar lancar dan tetap fit. Intinya, tetap utamakan mengonsumsi makanan bergizi saat berbuka dan sahur supaya badan tetap sehat. Hindari pula bermalas-malasan, sebaiknya isi dengan kegiatan positif dan produktif supaya tidak mudah bosan.