Dokter Minta Masyarakat Pastikan Kesehatan Gigi dan Mulut sebelum Mudik
Dokter Gigi Spesialis Periodonsia drg Mutia Rochmawati, Sp.Perio (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dokter Gigi Spesialis Periodonsia drg Mutia Rochmawati, Sp.Perio meminta masyarakat untuk memastikan kondisi kesehatan gigi dan mulut sebelum melakukan aktivitas mudik Lebaran 2023.

"Sebaiknya lakukan dental check up atau periksakan dahulu kondisi gigi dan mulut sebelum mudik," kata Mutia Rochmawati dikutip dari Antara, Minggu.

Dengan melakukan deteksi dini kondisi gigi dan mulut, kata dia, maka akan mendukung kelancaran aktivitas mudik.

"Dengan demikian, akan dapat dilakukan perawatan segera jika memang terdapat masalah pada kondisi kesehatan gigi dan mulut," katanya.

Dokte menekankan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik untuk memastikan kesehatannya dalam kondisi prima, termasuk kondisi kesehatan gigi dan mulut.

"Pastikan kondisi tubuh sehat agar mudik bisa berjalan aman dan lancar. Persiapkan mudik dengan matang," katanya.

Dia menambahkan, jika masyarakat mengalami sakit gigi di tengah perjalanan mudik yang cukup mengganggu, maka dapat mengonsumsi obat pereda nyeri.

"Jika rasa sakit terus berlanjut setelah mengonsumsi pereda nyeri, maka bisa memeriksakan kondisi giginya ke dokter gigi yang ada di fasilitas kesehatan terdekat, atau bisa juga menggunakan layanan telemedicine," katanya.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga perlu membatasi konsumsi makanan yang bisa memicu sakit gigi seperti makanan manis dan lengket, makanan yang terlalu asam, serta makanan yang terlalu panas.

"Jika makanan terlalu panas, sebaiknya ditunggu hingga tidak terlalu panas. Hal ini perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi makanan," katanya.

Dia juga mengatakan, masyarakat perlu memberikan perhatian lebih pada kesehatan gigi dan mulut agar tetap sehat dan terjaga dengan baik.

"Kondisi gigi dan mulut yang bermasalah akan mengganggu kegiatan mudik dan aktivitas lainnya," demikian Mutia Rochmawati.